Jumat, Juni 21, 2024

Dua Jemaah Haji Asal...

BANDA ACEH - Dua Jemaah Haji asal Embarkasi Aceh meninggal dunia di Tanah...

Festival Ekonomi Kreatif Seribu...

BLANGKEJEREN - Festival Ekonomi Kreatif Seribu Buki tahun 2024 resmi dibuka Pj Bupati...

Kasat Lantas, Kasat Reskrim,...

LHOKSEUMAWE- Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, memimpin upacara serah terima jabatan Kasat Lantas,...

PLN Nusantara Power UP...

LHOKSEUMAWE - PT PLN Nusantara Power UP Arun merayakan Hari Raya Iduladha 1445...
BerandaGuru MTsN Kemenag...

Guru MTsN Kemenag Bireuen Ikut pelatihan Modul I dan II USAID Prioritas

BIREUEN – Ratusan guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kabupaten Bireuen memantapkan dirinya dengan pelatihan Diseminasi Modul I dan II USAID Prioritas pada Senin, 7 Maret 2016 di MTsN Matang Geulumpang Dua Bireuen.

Pelatihan yang diikuti 274 Guru dari berbagai mata pelajaran di bawah Kemenag Bireuen itu dibagi dalam beberapa gelombang dan titik tempat pelatihan, hal itu untuk memudahkan jangkauan peserta dan pelatih.

Koordinator Pelaksana Pelatihan Diseminasi USAID Prioritas, Abdullah, S.Ag, M. Pd mengatakan, pelatihan yang berjalan selama tiga hari di masing-masing tempat itu bertujuan untuk mendapatkan pemahaman konsep dasar tentang pembelajaran aktif dengan berbagai aspeknya, serta menjadi salah satu upaya untuk mendukung peningkatan kompetensi guru khususnya tentang kurikulum tahun 2013 atau lebih dikenal K-13.

Ia menjelaskan, mereka dilatih oleh 10 orang fasilitator daerah (fasda) dari Kemenag dan Dinas P&K Bireuen, para pelatih yang dibiayai oleh USAID Prioritas akan menuntaskan tugasnya tersebut menurut mata pelajaran yang diikuti.

“Sedangkan biaya pelatihan lainnya itu bersumber dari dana sertifikasi peserta yang dikumpulkan untuk peningkatan kapasitas guru,” katanya kepada portalsatu.com melalui siaran pers.

Terkait materi yang diberikan, menurut Abdullah yang juga merupakan Fasda, hal itu lebih difokuskan pada penggunaan penilaian autentik, literasi dalam pembelajaran, dan pembuatan portofolio siswa.

Salah seorang guru matematika MTsN setempat, Fakhrurrazi, S. Pd mengatakan, pelatihan yang diikutinya sangat bermanfaat menurutnya penekanan siswa lebih aktif. 

“Selama ini dalam  melakukan pembelajaran di sekolah kami belum pernah menggunakan  pendekatan saintifik setelah kami menerima materi tersebut saya dapat memahami pendekatan saintifik,” Kata Fakhrurrazi.

Hal senada juga disampaikan peserta dari MTsN Lueng Daneun Dra. Roslina, dari banyak pelatihan yang diikutinya, guru dari Kecamatan Peusangan Siblang Krueng itu merasa sangat terbantu dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta teknik pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa.[](ihn)

Get notified whenever we post something new!

Continue reading

Dua Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Arab Saudi, Total Tujuh Orang

BANDA ACEH - Dua Jemaah Haji asal Embarkasi Aceh meninggal dunia di Tanah Suci Arab Saudi, Kamis, 20 Juni 2024. Total sudah tujuh jemaah asal Aceh meninggal dunia.Marhani Binti Muhammad Taib (65), tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) BTJ-02 meninggal...

Festival Ekonomi Kreatif Seribu Bukit 2024 Resmi Dibuka, Penonton Padati TMMG

BLANGKEJEREN - Festival Ekonomi Kreatif Seribu Buki tahun 2024 resmi dibuka Pj Bupati Gayo Lues yang diwakili Asisten I dr. Nevi, festival yang bertema Bersama Menciptakan Inovasi dan Mempertahanankan Tradisi itu berlangsung di Taman Mini Gayo Indah (TMMG), Jumat,...

Kasat Lantas, Kasat Reskrim, Sejumlah Kapolsek di Lhokseumawe Diganti

LHOKSEUMAWE- Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, memimpin upacara serah terima jabatan Kasat Lantas, Kasat Reskrim, dan empat Kapolsek di lingkungan Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe, dilaksanakan di lapangan Apel Satya Haprabu Polres setempat, Kamis, 20 Juni 2024.Sertijab itu dilakukan bagian...