Senin, Juli 15, 2024

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali menggelar bakti sosial (Baksos) dan...

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...
BerandaNewsHarga CPO Naik,...

Harga CPO Naik, TBS Bergerak Turun, Apkasindo Aceh: Ingatkan PMKS Jangan Permainkan Harga

 

SUBULUSSALAM – Wakil Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh, Subangun Berutu mengingatkan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) di wilayah Kota Subulussalam jangan ada permainan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di tengah kenaikan harga crude palm oil (CPO) Rp9.335 per kilogram.

Menurut Subangun Berutu, yang juga merupakan Ketua Apkasindo Kota Subulussalam ini, mengatakan sejak 5 Februari 2021 lalu harga CPO mengalami kenaikan Rp100 per kilogram sehingga saat ini menjadi Rp9.335 per kilogram.

Namun, kata Subangun kenaikan CPO berbanding terbalik dengan kondisi harga TBS di sejumlah PMKS di wilayah Kota Subulussalam dan sekitarnya justru mengalami penurunan dari Rp30 sampai Rp60 per kilogram.

Ia mencontohkan misalnya PT PMKS Samudera Sawit Nabati (SSN) Rp1.760 per kilogram turun Rp60 per kilogram dari sebelumnya. Berikutnya PT Bangun Sempurna Lestari (BSL) Rp1.730 per kilogram turun Rp30 per kilogram.

Kemudian PT Bumi Daya Abdi (BDA) Rp1.775 per kilogram turun Rp30 per kilogram. PT Global Sawit Semesta (GSS) Rp1.780 per kilogram turun Rp30 per kilogram dari sebelumnya.

Menurut Subangun, sejatinya harga TBS dan CPO bergerak secara linear, jika CPO naik maka secara otomatis TBS bergerak naik, begitu juga sebaliknya. Namun yang terjadi saat ini CPO bergerak naik TBS justru mengalami penurunan.

“Kami berharap kepada PMKS jangan ada yang permainkan harga TBS karena harga CPO saat ini Rp9.335 per kilogram, ada kenaikan Rp100 sejak 5 Februari lalu,” kata Subangun Berutu kepada portalsatu.com, Selasa, 9 Februari 2021.

Apkasindo Aceh, kata Subangun akan terus mengawal harga TBS di sejumlah PMKS yang ada di Aceh, termasuk di Kota Subulussalam dan Aceh Singkil. Apkasindo juga meminta kepada PMKS supaya menyesuaikan harga TBS mengikuti pergerakan kenaikan CPO.

Saat ini, kata Subangun harga TBS di level petani berkisar antara Rp1.500 hingga Rp1.550 per kilogram. Sedangkan produksi buah kelapa sawit saat ini masih labil belum terjadi peningkatan yang signifikan. Namun diperkirakan beberapa bulan ke depan akan memasuki masa panen puncak.[]

Baca juga: