BerandaIni Kata BMKG Mata Ie Soal Peringatan Waspada Tsunami Kecil di Aceh...

Ini Kata BMKG Mata Ie Soal Peringatan Waspada Tsunami Kecil di Aceh Jaya

Populer

BANDA ACEH – Gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Mentawai, Sumatera Barat, menyebabkan lima provinsi waspada tsunami. Salah satunya adalah Aceh, khususnya Aceh Jaya. 

Informasi yang diterima wartawan berdasarkan percakapan BMKG koordinasi stakeholder, menyebutkan untuk Aceh Jaya berstatus siaga dengan ketinggian tsunami berkisar antara 0,5 meter hingga kurang dari 3 meter. Mereka memperkirakan waktu kedatangan gelombang tsunami ini pada pukul 21:42:57. Namun masyarakat diminta untuk tetap tenang karena kemungkinan terjadinya tsunami kecil.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Mata Ie, Eridawati, mengatakan untuk sementara kondisi di Aceh aman usai gempa tersebut. “Hanya waspada saja, yang kita ketahui belum ada informasi tsunami tersebut,” ujarnya kepada portalsatu.com melalui sambungan telepon.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMG) sudah mencabut peringatan tsunami untuk Padang dan sekitarnya pascagempa bumi di Mentawai Sumatera Barat, Rabu (2/3/2016) berkekuatan 7,8 skala Richter.

BMKG meyakini kecil terjadi tsunami karena lokasi gempa lebih 800 Km arah baratdaya Kota Padang.

BMKG sempat mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan mengimbau masyarakat di wilayah pesisir pantai di Padang, Mentawai dan Bengkulu agar waspada. Namun beberapa saat kemudian peringatan tsunami itu dicabut.

Warga Kota Padang, pascagempa 8,3 SR yang dikoreksi BMKG menjadi 7,8 SR di Mentawai, Rabu (2/3/2016), sempat mengungsi ke daerah ketinggian, yakni arah Indarung dan Limau Manih, Kampus Unand.

Sekarang, warga berangsur-angsur mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Ada juga warga yang masih bersiaga dan takut pulang.[](bna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya