Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaNewsIni Kata Kapolda...

Ini Kata Kapolda Aceh saat Tinjau Vaksinasi dan Salurkan Bansos

BANDA ACEH – Kapolda Aceh Irjen Pol. Ahmad Haydar mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk kekebalan tubuh. Masyarakat tidak perlu ragu menerima vaksin yang diberikan pemerintah karena aman dan sudah dipastikan kehalalannya.

Imbauan itu disampaikan Kapolda Aceh Irjen Pol. Ahmad Haydar bersama Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Achmad Marzuki saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Taman Budaya, Kota Banda Aceh, Rabu, 25 Agustus 2021. Peninjauan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Kapolda Aceh dan Pangdam IM terhadap percepatan vaksinasi di Provinsi Aceh.

“Kapolda sudah komitmen, termasuk Pangdam IM. TNI dan Polri akan terus berada di garda terdepan untuk menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan mempercepat vaksinasi untuk menciptakan herd immunity,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy.

Sejak dilantik menjadi Kapolda Aceh pada 10 Agustus lalu, Irjen Pol. Ahmad Haydar sudah melakukan berbagai kegiatan, salah satunya menggenjot vaksinasi secara massal. “Hal itu semata-mata karena komitmen Kapolda Aceh, dalam hal ini TNI dan Polri, untuk mempercepat program vaksinasi massal sebagai ikhtiar untuk menekan penyebaran Covid-19,” ujar Winardy.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda Aceh dan Pangdam IM ikut membagikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Sementara itu, hari yang sama, Polres Lhokseumawe bersama TNI, Pemerintah Kota Lhokseumawe, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan sejumlah BUMN menggelar vaksinasi serta pembagian bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat di Lapangan Hiraq Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto mengatakan semua pihak harus bekerja keras menekan penyebaran Covid-19. Di antaranya, memberikan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan (Prokes) dan vaksinasi untuk meningkatkan imun tubuh.

“Kita terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat untuk mematuhi Prokes dan ikut melakukan vaksinasi, karena vaksinasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh,” ujar Eko.

Selain di Lapangan Hiraq Lhokseumawe, Kapolres Lhokseumawe bersama Dandim 0103/Aceh Utara juga meninjau kegiatan vaksinasi dan penyerahan (Bansos) kepada masyarakat di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, wilayah hukum Polres Lhokseumawe, Rabu, 25 Agustus 2021.

Kapolres Lhokseumawe mengajak masyarakat mendukung program pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19. “Selalu patuhi protokol kesehatan (Prokes) dan juga ikut vaksinasi. Ini sebagai bentuk ikhtiar kita bersama, semoga pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polres Lhokseumawe segera berakhir,” tuturnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir, mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak. Dengan membiasakan 5M itu secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari diharapkan akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Masker harus dipakai dengan baik dan benar yakni menutupi hidung dan mulut. Masker bukan untuk disangkut pada dagu atau leher. Bukan pula sekadar menutupi mulut dengan masker.

Amir, warga Keude Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, yang ikut menerima vaksin dalam kegiatan vaksinasi di halaman Polsek Dewantara, mengatakan keluarganya mulai membiasakan 5M. “Saya dan istri ikut disuntik vaksin untuk kekebalan tubuh. Kami menyadari ini untuk kebaikan masyarakat, termasuk disiplin 5M,” tuturnya.[](Irm)

Baca juga: