BerandaBerita Aceh UtaraKadis PK Aceh Utara Minta Kepala Sekolah Bikin Inovasi Belajar Program Ramadan

Kadis PK Aceh Utara Minta Kepala Sekolah Bikin Inovasi Belajar Program Ramadan

Populer

ACEH UTARA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara, telah mengadakan zikir bersama siswa di SD Negeri 2 Langkahan menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Senin, 20 Maret 2023.

Zikir itu diikuti para siswa SD dan SMP yang ada di Kecamatan Langkahan, dipimpin Pimpinan Zikir Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara, Tgk. Zulkarnaini Ismail. Sejumlah tokoh masyarakat ikut menghadiri kegiatan tersebut.

Kepala Dinas PK Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos., M.Pd., Kamis, 23 Maret 2023, mengatakan program Ramadan untuk sekolah-sekolah jenjang TK, SD, dan SMP sesuai dengan edaran sudah disampaikan kepada para kepala sekolah bahwa di awal Ramadan siswa libur satu pekan. Pada pekan kedua dan ketiga aktif kembali belajar sebagaimana hari biasanya. Nanti menjelang hari raya Idulftri diliburkan lagi satu pekan, sesuai dengan kalender pendidikan. Namun, jam belajar selama bulan suci ini diperpendek dari 45 menit menjadi 35 menit.

“Kita berharap bulan puasa ini sekolah-sekolah aktif dalam kegiatan Ramadan dan melahirkan inovasi-inovasi baru. Kita lebih fokus setidaknya para siswa bisa memahami nilai-nilai fikih atau ibadah lainnya. Maka kami tingkatkan ini dan bagian dari pembentukan karakter siswa, kita menginginkan cerdas berkarakter,” kata Jamaluddin kepada wartawan.

Jamaluddin menambahkan pihaknya juga meminta para guru untuk aktif membimbing siswa, dan mendampingi mereka dalam kegiatan pembelajaran di bulan Ramadan.

“Harapan kita kepada para kepala sekolah melaporkan ke dinas, inovasi apa yang telah dilakukan selama kegiatan Ramadan di setiap sekolah. Itu perlu disampaikan kepada kami melalui Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), sehingga nanti kami bisa mengevaluasi mana yang direspons dengan baik. Kita ingin anak-anak di Aceh Utara itu terus berkarya dan berprestasi. Tentunya tetap harus semangat belajar meskipun bulan puasa,” pungkas Jamaluddin.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya