BerandaBerita LhokseumaweKajati Aceh Tinjau Pembangunan Panti Rehabilitasi Narkotika di Lhokseumawe

Kajati Aceh Tinjau Pembangunan Panti Rehabilitasi Narkotika di Lhokseumawe

Populer

LHOKSEUMAWE – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh, Bambang Bachtiar, S.H., M.H., meninjau pembangunan Panti Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika di Kompleks YPAI Darul Mukminin Nusantara Aceh Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i, di Gampong Meunasah Mee, Kandang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Kamis, 23 Juni 2022.

Pembangunan Panti Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika itu kerja sama Pemerintah Kota Lhokseumawe, Kejari dan Yayasan Pendidikan AgamaIslam (YPAI) Darul Mukminin Nusantara Aceh Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i.

Kunjungan Kajati Aceh ke lokasi tersebut turut didampingi Kajari Lhokseumawe, Mukhlis, dan dihadiri Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, Wakil Wali Kota, Yusuf Muhammad, dan sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Bambang Bachtiar mengatakan kunjungannya dalam rangka meninjau Panti Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika sebagaimana telah diamanatkan oleh Jaksa Agung RI, sehingga di daerah Kejaksaan mulai berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dan prasarana menyangkut panti rehabilitasi tersebut.

“Jadi, setiap pengguna (penyalahgunaan) narkotika yang bisa dikatakan sebagai korban, bagaimana itu dapat terobati dengan adanya panti seperti ini. Ke depan mungkin kita juga bekerja sama dengan pihak Dinas Tenaga Kerja untuk bisa ada pelatihan bagi para pecandu itu agar mereka punya skill tertentu. Sehingga setelah selesai direhabilitasi mereka sudah memiliki keterampilan untuk dapat dikembangkan dalam kehidupannya,” kata Bambang Bachtiar kepada wartawan.

Menurut Bambang, pembangunan panti rehabilitasi ini wujud kepedulian Pemko Lhokseumawe bersama Kejari. Di daerah lainnya juga sudah ada panti rehabilitasi, seperti di Aceh Tamiang, dan Aceh Barat Daya (Abdya). “Jadi, dalam waktu dekat kita menginginkan serentak di setiap kabupaten/kota di Aceh ada balai atau panti rehabilitasi itu,” tuturnya.

Dalam kunjungan itu, Kajati mendapatkan salah seorang mantan pecandu narkotika dan sekarang sudah menempati Panti Rehabilitasi Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i.

“Kita harapkan apa yang dia dapatkan di panti ini tentunya bisa ditularkan kepada teman-temannya yang dulu pernah bersama-sama memakai itu (narkoba). Artinya, bagaimana bisa melakukan pencegahan terhadap hal tersebut,” ujar Bambang Bachtiar.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya