Senin, Juni 24, 2024

Kapolri Luncurkan Digitalisasi Perizinan...

JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo meluncurkan sistem online single...

HUT Ke-50 Aceh Tenggara,...

KUTACANE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara membuka stan pelayanan...

Atlet KONI Aceh Rebut...

BANDA ACEH - Prestasi mengesankan ditoreh atlet binaan KONI Aceh yang dipersiapkan untuk...

Realisasi Pendapatan Asli Aceh...

BANDA ACEH - Realisasi Pendapatan Asli Aceh (PAA) tahun 2019-2023 melampaui target. Akan...
BerandaNewsKasus Pungli Dana...

Kasus Pungli Dana BOP PAUD, Ketua Saber Pungli Aceh: Pemeriksaan Awal Selesai

BANDA ACEH – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Aceh sudah melakukan pemeriksaan awal terhadap sejumlah pejabat dan pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Aceh Utara. Pemeriksaan tersebut setelah  OTT terkait dugaan pungli dana BOP PAUD.

“Pemeriksaan awal itu sudah selesai dilakukan, nanti dilanjutkan oleh tim untuk dilengkapi administrasi, dan kemudian digelar perkara oleh tim untuk menentukan tindak lanjut,” kata Ketua Tim Saber Pungli Provinsi Aceh, Kombes Pol. Drs. Erwin Faisal, M.Si., menjawab portalsatu.com usai  menghadiri acara deklarasi pemilu damai, di Banda Aceh, Minggu, 23 September 2018.

Baca juga: MaTA: Siapa pun Menerima Setoran Hasil Pungli Dana BOP PAUD Harus Disikat

Ditanya siapa saja pejabat yang diperiksa terkait OTT tersebut, Erwin Faisal mengaku belum mengetahui secara pasti berkenaan itu. Intinya, kata Erwin, pihaknya tetap melakukan proses hukum bagi yang terlibat kasus tersebut. “Kita harus mendalami lagi terkait hal tersebut,” ujarnya.

“Tetapi, saya ingin menyampaikan kepada semua elemen masyarakat untuk tidak melakukan pungli,” kata Erwin.

Lihat pula: OTT Pungli BOP PAUD: Ini Kata Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli Aceh

Diberitakan sebelumnya, Tim Saber Pungli Provinsi Aceh kabarnya melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pegawai Dinas Dikbud Aceh Utara di kantor itu, Senin, 17 September 2018, sore. OTT terkait dugaan pungli dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD).

Setelah OTT terhadap sejumlah pegawai pada Senin sore, tim Saber Pungli memeriksa mereka termasuk pejabat di Dinas Dikbud Aceh Utara sampai Senin malam. Tim Saber Pungli kemudian kembali ke Dinas Dikbud itu, Selasa, sekitar pukul 11.00 WIB, untuk melanjutkan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat dan pegawai kantor itu. Pemeriksaan berlanjut sampai malam. Tim Saber Pungli bahkan 'lembur' di kantor tersebut hingga Rabu dini hari.

Pantauan portalsatu.com, tim Saber Pungli masih berada di Ruangan Kepala Dinas dan Ruangan Kabid Dikdas Dinas Dikbud Aceh Utara sampai Rabu pukul 00.05 WIB. Tim tersebut beranggotakan personel Polda dan Kejati Aceh. 

Informasi dihimpun di lokasi itu, pejabat yang diperiksa hingga Selasa malam ialah Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal Dinas Dikbud berinisial Hus, dan Kasi PAUD, Hel. Keduanya diperiksa di Ruangan Kabid Dikdas. Sedangkan sejumlah pegawai lainnya diperiksa di Ruangan Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal serta Ruangan Kasi PAUD, yang merupakan bangunan lama dalam Kompleks Dinas Dikbud itu.

Tim Saber Pungli kabarnya berada di Lhokseumawe sampai Jumat, 21 September 2018 lalu.[]

Baca juga: