Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaNewsKebakaran Pabrik Kayu,...

Kebakaran Pabrik Kayu, Sebagian Listrik di Sumut dan Aceh Padam

Jakarta -Listrik di wilayah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) kembali mengalami mati total alias black out sejak Minggu (17/1/2016). Penyebabnya adalah putusnya kabel pada jaringan transmisi listrik Sumut.

“Kebakaran yang terjadi pukul 18.40 WIB pada pabrik kayu PT Canang Indah yang berada di antara Tower 3 dan 4 mengakibatkan putusnya kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV),” jelas Agung Murdifi, Manajer Senior Public Relations PT PLN (Persero) lewat pesan singkatnya kepada detikFinance, Senin (18/1/2016).

Dia menjelaskan, kabel yang terputus tersebut berada di jaringan penghubung Belawan-Binjai yang menyalurkan daya dari Pembangkitan Belawan ke sistem Sumatera Bagian Utara.

“Kebakaran ini menyebabkan seluruh pembangkit di Belawan tidak dapat beroperasi. Akibatnya, sistem kelistrikan yang memasok Sumatera Utara dan Aceh mengalami padam kecuali untuk Gardu Induk (GI) Inalum dan GI Sei Rotan,” terang Agung.

Sementara proses penormalan jaringan sudah dilakukan dan diharapkan listrik sudah mulai kembali normal di seluruh wilayah Sumut pada hari ini.

“Saat ini, kami melakukan penormalan bertahap dengan menormalkan Pembangkit Belawan selanjutnya melalui SUTT 150 kV Belawan-Payapasir-Payageli-Binjailalu membangkitkan PLTU Pangkalan Susu dan Sistem Aceh,” katanya.

Atas ketidaknyamanan tersebut, lanjut Agung, PLN meminta maaf kepada masyarakat Sumatra Utara yang mengalami pemadaman total sejak kemarin.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan keadaan kebakaran ini,” tutupnya.[] Sumber: detik.com

Baca juga: