Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaNewsKelebihan Zikir 'Al-Ghaffar'

Kelebihan Zikir ‘Al-Ghaffar’

Sebelumnya kita telah membahas zikir al-Mushawwir sebagai zikir ketiga belas dalam Asmaul Husna. Sedangkan selanjutnya zikir keempat belas bernama Al-Ghaffar. Zikir ini berasal dari fi’il madhi “ghafara”, yang berarti menutupi. 

Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa kata Al-Ghaffar itu terambil dari kata “alghafaru” yang berarti sejenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati luka. Jika kita mengambil makna yang pertama, maka Al-Ghaffar berarti Allah menutupi dosa hamba-hamba-Nya karena kemurahan dan keluasan ampunan-Nya. 

Sedangkan jika kita memaknai dengan kata yang kedua, berarti Allah menganugerahkan sifat penyesalan kepada hamba-hamba-Nya sehingga bisa menjadi obat penawar sekaligus penghapusan dosa.

Secara ringkas dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Ghaffar bermakan: Yang Maha Pengampun, Dia Maha Pengampun dan Banyak pemberian maaf-Nya dan menutupi dosa-dosa dan kesalahan hamba.

Dalil Zikir Al-Ghaffar

Dalam Alquran menurut sebagian ahli ilmu menyebutkan bahwa kata “Ghaffar” sebanyak lima kali, tiga kali berdiri sendiri, sedang dua kali lainnya dirangkai setelah penyebutan sifat dan nama indah lainnya, yaitu Al-Aziz. Salah satunya disebutkan di dalam surat At-Taubah berbunyi: “Sesungguhnya Tuhanmu sangat luas maghfirah-Nya.” (QS. At-Taubah: 117)

Kelebihan Zikir Al-Ghaffar

Di antara kelebihan zikir Al-Ghaffar yaitu:

Pertama, sambil beri’tikaf (diam dalam masjid dalam keadaan suci) bacalah zikir ‘Ya Ghaffaar ’ sebanyak 100 X sambil menunggu masuknya salat Jumat. Insya Allah diampunkan dosa-dosa kita.

Kedua, siapa yang berzikir ‘Ya Ghaffaar’ 100 kali sambil mengiringi salat Jumat, Insya Allah zahir baginya akan mendapat keampunan.

Ketiga, siapa menyebut ‘Ya Ghaffaar’  100 kali, Insya Allah akan diampunkan dosa yang telah dilakukannya.[]

Baca juga: