Jumat, Juli 19, 2024

Rekomendasi HUDA Berisi 22...

BANDA ACEH - Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) mengeluarkan rekomendasi...

Lebih 170 Bangunan Rusak...

ACEH UTARA - Sebanyak 173 bangunan dilaporkan rusak akibat diterjang badai (hujan deras...

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....
BerandaNewsKhanduri Blang di...

Khanduri Blang di Gampong Lampermai

JANTHO – Khanduri blang (kenduri di sawah), tradisi para petani dalam menunjukkan rasa syukur kepada sang pencipta. Hal ini dilakukan melalui makan bersama di sawah, sebagai rasa syukur terhadap usaha padi yang memberikan hasil terbaik.

Seperti kenduri digelar para petani Gampong Lampermai, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Minggu, 17 Januari 2016. Masyarakat setempat antusias menyambut khanduri blang. Terlihat ratusan masyarakat menghadiri kenduri ini.

Acara itu turut dihadiri Kepala Badan Pembinaan Administrasi Veteran Cadangan (Babinminvetcaddam) Kodam IM Kol. Arm. Abu Hanifah dan Kasie Perencanaan Babinminvetcaddam, Kapten Inf. Wibowo.

“Ini adat adat (tradisi masyarakat Aceh) sebagai rasa syukur karena padi terlihat baik, keberhasilan para petani dalam menanam padi. Sebelum padi dipanen masyarakat menggelar tradisi kenduri blang,” kata Wibowo kepada portalsatu.com, Rabu, 20 januari 2016.

“Nanti ada beberapa warga yang memasak lebih, tapi hanya cukup untuk sepuluh orang, terus ada juga warga yang membawa rendang, kari kambing, ada juga yang bawa telur asin,” ujarnya.[](tyb)

Baca juga: