Senin, Juli 15, 2024

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali menggelar bakti sosial (Baksos) dan...

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...
BerandaBerita Aceh UtaraKIP Lhokseumawe Uji...

KIP Lhokseumawe Uji Publik Dapil untuk Pemilu 2024

LHOKSEUMAWE – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menggelar Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota pada Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan itu diadakan di Lido Graha Hotel, Lhokseumawe, Rabu, 14 Desember 2022.

Kegiatan itu dibuka Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA., M.A., dihadiri Komisioner KIP, T. Marbawi, Zainal Bakri, S.Sos., M.Kom.I., Abdul Ghani, S.H., M.H., dan Mulyadi. Turut hadir perwakilan unsur Forkopimda, Ketua Komisi A DPRK Lhokseumawe, kepala SKPK terkait, pengurus partai politik, tokoh masyarakat, dan sejumlah pihak lainnya.

Mohd. Tasar mengatakan tujuan kegiatan ini agar masyarakat luas dan stakeholder mengetahui rancangan yang sudah dibuat untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Hasil uji publik ini akan disampaikan ke KIP Provinsi Aceh, kemudian diteruskan ke KPU RI.

Tasar menjelaskan untuk masing-masing Dapil secara keseluruhan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, daerah dengan jumlah penduduk 100 ribu sampai 200 ribu jiwa, alokasinya 25 kursi di DPRD kota. “Jangan sampai ada persepsi ada permainan atau kepentingan KIP, karena semua ini telah ditentukan sesuai aturan oleh KPU RI. Dan kita mengharapkan ada masukan terkait hal tersebut untuk dapat disampaikan ke pihak provinsi secara berjenjang,” ujarnya.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Lhokseumawe, T. Marbawi, menambahkan tujuan kegiatan ini agar masyarakat dapat mengetahui rancangan Dapil di Kota Lhokseumawe dalam Pemilu 2024. Setelah dihitung berdasarkan ketentuan berlaku, sesuai keputusan KPU jumlah penduduk di Lhokseumawe 191.688 jiwa. “Jadi, ada 25 kursi dialokasikan di DPRK Lhokseumawe dalam Pemilu 2024,” ucapnya.

Menurut Marbawi, dari keputusan tersebut juga ada pergeseran kursi di Dapil I, II, III, dan IV. Untuk Dapil II karena jumlah penduduknya bertambah, maka menjadi 7 kursi dari sebelumnya 6 kursi. Dapil III bertambah menjadi 4 kursi dari sebelumnya 3 kursi. Dapil I berkurang menjadi 10 kursi dari sebelumnya 11 kursi. Dapil IV berkurang menjadi 4 kursi dari sebelumnya 5 kursi.

“Penataan Dapil juga berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Kemudian, turunannya Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2022 tentang Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam pemilihan. Terakhir keputusan KPU Nomor 457 tahun 2022 tentang Jumlah Kursi Anggota DPRD Kota Lhokseumawe dalam Pemilu 2024,” ujar T. Marbawi.[](rilis)

Baca juga: