Senin, Juli 15, 2024

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali menggelar bakti sosial (Baksos) dan...

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...
BerandaKomandan KRI Siwar:...

Komandan KRI Siwar: Perairan Selat Malaka Makin Aman

LHOKSEUMAWE – Situasi keamanan di perairan Selat Malaka diklaim terus meningkat seiring dengan menurunnya angka kejahatan di jalur pelayaran paling padat di dunia tersebut.

Hal itu disampaikan Komandan KRI Siwar-646, Mayor Laut (P) Ricky Intriadi, kepada para wartawan, di Pelabuhan AAF Krueng Geukueh, Aceh Utara. Kapal Republik Indonesia (KRI) Siwar-646 berlabuh di pelabuhan tersebut, Jumat, 21 Juni 2019, sore.

“Setiap hari ada KRI yang melakukan patroli khususnya di perairan Selat Malaka. Keamanan perairan Selat Malaka semakin aman dan kondusif. Sejauh ini belum ditemukan hal yang negatif atau mencurigakan. Kita juga selalu berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. Apabila ada informasi mungkin bisa disampaikan ke kami di lapangan sehingga bisa dilaksanakan penindakan terkait kejahatan di laut,” kata Ricky Intriadi yang juga putra asli Lhokseumawe.

Menurut Ricky, begitu ada informasi langsung bisa dilakukan pencarian dan penindakan di lapangan. “Untuk perairan Selat Malaka itu memang sering ada isu penyelundupan. Tapi dengan sering hadirnya kita, saya kira sudah mulai menurun. Potensi ada tetapi sudah banyak penurunan tentunya,” ujar dia.

“Dengan adanya patroli seperti ini, mereka (penjahat laut) juga akan berpikir untuk melakukan penyelundupan. Tapi satu atau dua tetap ada celah karena keterbatasan juga informasi yang kita dapatkan,” ungkap Ricky.

Ricky menambahkan, sebelumnya KRI Siwar berangkat dari Dumai, Provinsi Riau menuju Belawan, Sumatera Utara, lalu melakukan patroli laut hingga berlabuh di Lhokseumawe (Krueng Geukueh) selama beberapa hari ke depan. Nantinya KRI ini akan kembali melanjutkan patroli di wilayah perairan Selat Malaka.[]

Baca juga: