BerandaBerita LhokseumaweKomisi I DPRK Lhokseumawe Tetapkan Pansel Komisioner KIP

Komisi I DPRK Lhokseumawe Tetapkan Pansel Komisioner KIP

Populer

LHOKSEUMAWE – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe telah menetapkan lima anggota Panitia Seleksi (Pansel) yang akan menjaring dan menyaring calon komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe periode 2023-2028.

Penetapan lima Anggota Pansel Calon Komisioner KIP Lhokseumawe itu dilakukan melalui rapat pleno Komisi I DPRK Lhokseumawe, Selasa, 21 Maret 2023.

“Sudah ditetapkan lima orang Pansel pada 21 Maret 2023 di gedung DPRK. Kelima anggota Pansel itu (sebagian besar) merupakan dari kalangan akademisi,” kata Sekretaris Komisi I DPRK Lhokseumawe, Sudirman Amin, S.E., dikonfirmasi pada Jumat, 24 Maret 2023.

Lima anggota Pansel itu Muzakkir, S.H., M.H., Drs. Deni Mukhtadi, Dr. Faisal Matriadi, S.E., M.Si., Dr. Ikramuddin, S.E., M.Si., dan Dr. Mariyudi, S.E., M.M.

Menurut Sudirman Amin, sebelumnya jumlah pendaftar calon anggota Pansel 18 orang. Salah satu di antaranya tidak lulus seleksi administrasi, sehingga 17 orang yang mengikuti ujian tertulis.

Hasil seleksi ujian tulis, kata Sudirman, lulus 10 orang yang kemudian mengikuti tahapan tes membaca Alquran dan dinyatakan lulus semuanya. Selanjutnya, 10 orang itu mengikuti tes wawancara, hasilnya lima orang memperoleh nilai tertinggi ditetapkan sebagai anggota Pansel oleh Komisi I DPRK Lhokseumawe.

“Tahapan berikutnya di-SK-kan, dilantik, dan baru mereka bekerja untuk menjaring calon komisioner KIP Lhokseumawe. Jadwal pelantikan Pansel akan dibahas nanti,” ujar Sudirman.

Komisi I DPRK Lhokseumawe berharap Pansel yang sudah terpilih itu dapat bekerja maksimal dalam menjaring calon-calon komisioner KIP yang lebih baik. “Tentunya para akademisi inikan lebih paham bagaimana idealnya KIP Lhokseumawe ke depan,” ucap Sudirman Amin.

Setelah Pansel menjaring hingga menetapkan 15 calon komisioner KIP Lhokseumawe, lalu disampaikan ke Komisi I DPRK untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan guna dipilih lima orang dan lima cadangan.[](adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya