Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaBerita SubulussalamKunjungi Puskesmas Sultan...

Kunjungi Puskesmas Sultan Daulat, Wali Kota Subulussalam Launching Pelayanan USG dan Penyerahan Alat Antropometri

SUBULUSSALAM – Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E mengunjungi Puskesmas Sultan Daulat, Sabtu, 2 September 2023. Affan Alfian didampingi Ketua TP PKK Hj. Mariani Harahap, S.E dan Kepala Dinas Kesehatan Munawaroh, S.Si., Apt, M. Kes.

Dalam kunjungan itu, Walkot Affan Alfian menyerahkan alat antropometri sekaligus launching Pelayanan Ultrasonografi (USG) pada ibu hamil. Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) kepada Kampong Jambi Baru.

Wali Kota Affan Alfian mengatakan peresmian pelayanan USG di Puskesmas Sultan Daulat sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Maka dengan bertambahnya fasilitas di puskesmas harus sebanding dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Affan Alfian.

Dalam kesempatan itu, Affan Alfian juga mengapreasisi Pemerintah Kampong Jambi Baru atas keberhasilan menurunkan angka stunting dan berhak menerima sertifikat ODF dari Dinas Kesehatan Kota Subulussalam. Atas capaian tersebut, Kampong Jambi Baru diharapkan menjadi contoh bagi desa lainnya dalam menciptakan sanitasi lingkungan yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan, Munawaroh mengatakan Seluruh Fasilitas Kesehatan di Tingkat Pertama (FKTP) atau Puskesmas yang tersebar di lima Kecamatan dalam wilayah Kota Subulussalam telah dilengkapi alat USG berguna untuk pemeriksaan Antenatal Care (ANC) atau pemeriksaan pada kehamilan.

Dengan adanya layanan USG di fasilitas kesehatan di tingkat pertama, diharapkan dapat mengurangi Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi dan mengurangi angka stunting di kota Subulussalam. Untuk Puskesmas Sultan Daulat layanan USG dibuka dua kali seminggu setiap hari Selasa dan Kamis.[]

 

Baca juga: