BerandaInspirasiTeknoLuncurkan Aplikasi, Kini Bikin Akta Kelahiran di Disdukpencapil Tuntas Satu Hari

Luncurkan Aplikasi, Kini Bikin Akta Kelahiran di Disdukpencapil Tuntas Satu Hari

Populer

SUBULUSSALAM – Pemerintah Kota Subulussalam melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) meluncurkan aplikasi dan website untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus akta kelahiran secara online.

Masyarakat dapat men-download aplikasi dengan mengetik layanan online Disduk Capil Subulusalam di Play Store atau bisa searching di google membuka website site https://layananonline.disdukcapil.subulussalamkota.go.id.

Aplikasi ini di-launching langsung oleh Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E., dalam kegiatan Disdukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) digelar melalui Video Conference (Vidcon) di Pendopo Wali Kota Subulussalam, Rabu, 21 Oktober 2020.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs. Salmaza.M.A.P., dan Plt. Disdukpencapil, Ruslan, S.H.I., Kabag Humas dan Protokol Setdako Subulusalam, Mhd Amrin Cibro dan sejumlah pejabat di lingkungan Disdukpencapil Kota Subulussalam.

Walkot Affan Alfian Bintang mengatakan, dengan adanya layanan online akan mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan tanpa harus ke loket layanan di Disdukpencapil Kota Subulussalam seperti sebelumnya.

“Masyarakat bisa mengurus secara online daftar pakai handphone atau laptop, selesai datang ke kantor tinggal ambil di kantor,” ungkap Affan Alfian Bintang.

“Tujuan dari program ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat serta tidak perlu mengantre lama,” kata Bintang menambahkan.

Plt. Kepala Disdukpencapil Kota Subulussalam, Ruslan mengatakan program layanan online Satu Hari Tuntas (Santun) sangat bermanfaat bisa dilakukan di luar jam kerja serta menghindari kerumunan warga, terlebih di masa Pandemi Covid-19. 

“Selama ini layanan tatap muka sekitar 100 sampai 200 orang setiap hari. Dengan adanya layanan online masyarakat bisa daftar dari jarak jauh, siap dalam satu hari, selesai datang ke kantor ambil,” ungkap Ruslan.

Adapun dokumen kependudukan yang dapat diurus secara online meliputi perbaikan data di kartu keluarga, penambahan anggota keluarga, pindah keluar Kota Subulussalam dan pindah antarkecamatan atau desa.

Selain itu, bisa juga membuat buku nikah, akta perkawinan nonmuslim dan akta kematian. Layanan lainnya juga berlaku untuk membuat KTP baru, KTP rusak, KTP hilang dan perubahan data di KTP.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya