Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaMahasiswa Patani Thailand...

Mahasiswa Patani Thailand Selatan Tamasya Sejarah ke TMII

JAKARTA – Sejumlah mahasiswa Patani (Thailand Selatan) dari beberapa organisasi mereka yang berkegiatan di Jakarta mengadakan wisata bertema “Mencari Pengalaman dan Ilmu Pengetahun” di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 23 Januari 2017

Di antara organisasi tersebut adalah Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI) Jakarta, Ikatan Mahasiswa Patani (Selatan Thailand) di Indonesia (IMPIPI) Puwokerto yang sedang menepuh studi di Indonesia khususnya Jakarta dan Puwokerto.

Salah seorang anggota HIPPI, Zulkifli Bin Ahmad, mengatakan, dalam wisata tersebut mahasiswa Patani (Thailand Selatan) di Indonesia dapat mengetahui kebudayaan di Indonesia.

“Ada juga kebudayaan yang hampir sama dengan kebudayaan di Patani (Thailand Selatan) khususnya di kepulauan Riau, seperti pakaian kebudayaan, permainan tradisional, dan rumah-rumah tradisional. Orang-orang yang menguasai masa silam dapat menguasi masa kini dan akan datang, orang-orang yang tidak menggenal sejarah adalah orang-orang yang tidak mengenal diri sendiri,” kata Zulkifli.

Sebagaimana diketahui, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah.

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.[]

Baca juga: