BerandaMemenangkan Lomba dan Memenangi Lomba, Samakah?

Memenangkan Lomba dan Memenangi Lomba, Samakah?

Populer

Di antara kedua kata pada judul itu, dapatkan kedua-duanya digunakan dalam kalimat? Untuk mengetahuinya, kita perlu tahu makna imbuhan –kan dan –i pada kedua kata tersebut.

Imbuhan –kan bermakna ‘membuat jadi (kausatif)’, misalkan dalam kalimat Ayah membersihkan halaman rumah, atau Juri memenangkan si polan karena disuap. Imbuhan –kan pada kalimat pertama bermakna ‘membuat halaman menjadi bersih’, sedangkan yang kedua ‘membuat polan jadi menang’.

Lain halnya dengan imbuhan –i. Akhiran ini bermakna ‘pada/terhadap’. Menduduki, misalnya, bermakna duduk di, atau mensyukuri dan memasuki yang masing-masing bermakna ‘bersyukur atas’ dan ‘masuk ke’.

Lantas, bagaimana dengan memenangkan lomba dan memenangi lomba?

Memenangkan lomba berarti membuat lomba jadi menang, sedangan memenangi lomba berarti menang dalam lomba. Maka, bentuk yang benar adalah memenangi lomba, bukan memenangkan lomba.

Atas dasar itu, hindari penggunaan memenangkan pertandingan, memenangkan pilpres, memenangkan hadiah karena bermakan membuat pertandingan jadi menang, membuat pilpres jad menang, membuat hadiah jadi menang. []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya