Sabtu, Juli 13, 2024

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...

Panwaslih Aceh Instruksikan Buka...

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menginstruksikan Panwaslih Kabupaten/Kota segera membuka...

KAMMI Sebut Perlu Forum...

BANDA ACEH - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh...

Atlet Popda Gayo Lues...

BLANGKEJEREN - Pertandingan POPDA ACEH ke-XVII yang sedang berlangsung saat ini menjadi perhatian...
BerandaBerita Gayo LuesMulai Besok, Gayo...

Mulai Besok, Gayo Lues Gelar Lomba Pacuan Kuda Berhadiah Rp264 Juta

BLANGKEJEREN – Dinas Pariwisata bersama Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Gayo Lues akan menggelar lomba pacuan kuda tradisional mulai tanggal 12-18 September 2022. Kuda yang telah didaftarkan pemiliknya mencapai 146 ekor.

Ketua Pordasi Gayo Lues Anwar, bersama Kepala Dinas Pariwisata Irsan Firdaus, Minggu sore, 11 September 2022 mengatakan hingga sore ini sudah 146 ekor kuda jantan dan betina yang didaftarkan pemiliknya untuk bertanding, kuda-kuda itu berasal dari Kabupaten Aceh Tenggah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

“Hingga sore ini, jumlah kuda yang didaftarkan pemiliknya mencapai 146 ekor, dengan rincian, kuda dari Gayo Lues 36 ekor,  kuda dari Bener Meriah 50 ekor, dan kuda dari Aceh Tenggah 60 ekor,” katanya di arena lomba pacuan kuda Stadion Buntul Nege.

Sementara kuda dari Tanah Karo dan Siborong-Borong, Ketua Pordasi mengatakan tidak bisa ikut lantaran ada jadwal lomba pacuan kuda di Padang, pemilik kuda dari tanah Karo lebih memilih bertanding di Provinsi Sumatera Barat.

“Kalau dari Aceh Tenggara belum ada yang mendaftar meskipun kemarin sempat ada yang berencana membawa dua kuda untuk bertanding, meski begitu, jumlah kuda masih berkemungkinan untuk bertambah,” jelasnya.

Irsan Firdaus, Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, mengatakan lomba pacuan kuda yang diadakan ini merupakan rangkaian dalam memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan, dengan total hadiah mencapai Rp 264 juta untuk 12 kelas.

“Untuk jadwal pertandingan mulai tanggal 12-18 September 2022, mulai pukul 10:00 Wib hingga pukul 16:00 WIB,” Katanya seraya berharap kepada semua pihak agar menjaga sportivitas dalam lomba pacuan kuda tersebut.[]

 

 

Baca juga: