Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaPabrik Semen Akan...

Pabrik Semen Akan Dibangun di Pidie, Investasi Capai Rp5 Triliun

Badan usaha milik negara (BUMN) PT Semen Indonesia Tbk bersama PT Samana Citra Agung telah sepakat membentuk perusahaan patungan atau join venture company dengan nama PT Semen Indonesia Aceh dengan nilai investasi senilai Rp5 triliun.

Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni mengungkapkan, perluasan kapasitas produksi ini dilakukan dengan membangun pabrik semen di Pidie, Aceh.

“Proyeksi pertumbuhan permintaan semen di area pemasaran pabrik ini mencapai 6,5 persen,” ucap Suparni dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2016.

Suparni mengaku, pembangunan pabrik bersama perusahaan lokal di Aceh ini untuk menjaga kesinambungan produksi, mengimbangi pertumbuhan bisnis dan sejalan dengan rencana jangka panjang perseroan.

“Pembangunan pabrik semen ini untuk memenuhi permintaan semen di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau. Dia menilai, daerah pantai timur Sumatera berpotensi pertumbuhan konsumsi semen yang tinggi,” tuturnya.

Suparni mengungkapkan, selama ini pasokan semen untuk Sumatera mengandalkan hasil produksi PT Semen Padang. “Jarak Aceh ke Padang itu mencapai 10.500 kilometer, sehingga pabrik Aceh tidak akan mengeliminasi pemasaran Semen Padang yang juga ekspor ke Asia Selatan,” katanya.

Pabrik Semen Indonesia Aceh akan dibangun di atas lahan seluas 1.500 hektare. Pembangunan akan dimulai pada 2016 dan beroperasi pada tahun 2020.[] Sumber: viva.co.id

Baca juga: