Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaPadukan Rock dan...

Padukan Rock dan Etnik, Retra Art Juarai Festival Musik Gayo Lues

BANDA ACEH – Retra Art (Renggali-Trashyum), grup musik bentukan anak muda asal Aceh Tengah dan Bener Meriah keluar sebagai juara pertama Festival Musik Etnik Gayo Lues 2016 yang berlangsung di Blang Kejeren, Gayo Lues pada Sabtu, 24 September pekan lalu.

Grup musik yang digawangi 12 anak muda ini berhasil mengkolaborasikan dua genre musik yang berbeda yaitu etnik dan rok. Tak urung penampilan mereka tak hanya memukai peserta, tapi juga dewan juri.

Salah satu personelnya Teuku Aga, kepada portalsatu.com mengatakan, dalam festival itu grup ini mengusung tema Ilang Using, yang dalam bahasa Gayo berarti Merah dan Kuning.

“Bagi Retra Art Ilang Using menjadi simbol keberagaman musik di dataran tinggi Gayo. Mereka membuktikan jika alat musik seperti  Gegedem, Genggong, tulit, teritit, taktuk dan lain-lain bisa menghasilkan harmoni yang sempurna dengan alat modern seperti gitar, bass, keyboard dan drum,” katanya, Selasa, 27 September 2016.

Para personel lainnya, Win Taniro, Zamris, Gusay, Yahdi, Hardy, Taufiq, Misdhalina, Kurnia Ahmad, Herian Pratama, Yarjuna dan Kill mengaku puas dengan penampilan mereka. Meski waktu latihan mereka terbilang singkat hanya dua hari dari hari H, Retra Art tetap tampil maksimal di atas panggung.

“Kami berharap akan ada lebih banyak ajang seperti ini di masa mendatang untuk menjadi stimulator munculnya regenerasi musikus asal dataran tinggi Gayo,” kata Teuku Aga.

Atas kerja kerasnya, Retra Art membawa pulang hadiah uang tunai Rp 12,5 juta. Sementara juara kedua disabet grup Burni Telong dari Bener Meriah, dan mendapatkan hadiah Rp 10 juta, selanjutnya Serudang Mangoe dari Aceh Tengah dan memboyong hadiah Rp 8 juta.

Sementara juara harapan diperoleh grup Kerenem Pirak asal Gayo Lues dan membawa pulang hadiah Rp 5 juta.[]

Baca juga: