BerandaBerita AcehPagu Dana Desa 2024 untuk Pidie Belum Turun, Ini Pagu 2023

Pagu Dana Desa 2024 untuk Pidie Belum Turun, Ini Pagu 2023

Populer

SIGLI – Pemerintah Pusat belum mengirimkan penetapan pagu atau alokasi Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Pidie tahun 2024. Padahal tahun anggaran tahun 2023 akan segera berakhir.

Keterlambatan pengiriman pagu DD hanya terjadi tahun ini. Tahun-tahun sebelumnya, pagu yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sudah diterima Kabupaten Pidie akhir November dan awal Desember.

Belum jelasnya pagu DD berpotensi berdampak terhadap terhambatnya proses tahapan penganggaran dana di tingkat desa yang seharusnya saat ini sudah mulai tahapan pembahasan anggaran hingga pengusulan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) 2024.

Kepala Bidang Pemerintahan Pembangunan Mukim dan Gampong pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie, Amarullah, kepada portalsatu.com, Selasa, 19 Desember 2023, membenarkan hingga saat ini pagu DD 2024 belum turun.

Menurut Amrulah, pagu DD 2024 akan diketahui setelah terbit PMK. Hingga saat ini, Pemerintah Pusat belum mengirimkan PMK kepada pemerintah kabupaten.

“Benar, sejauh ini pagu belum kita terima, sehingga belum kita ketahui berapa besar kuota untuk 730 gampong di Pidie,” aku Amarullah.

Biasanya, menurut Amar, setiap tahun PMK tentang Dana Desa sudah diterima dari pemerintah pusat pertengahan November atau awal Desember. Namun, untuk tahun ini sedikit terlambat terbit PMK.

Kepada para keuchik, Amar meminta dapat terus melakukan proses tahapan penganggaran dengan berpedoman pada pagu tahun sebelumnya. Karena, kata dia, jumlah anggaran tidak jauh beda antara tahun ini dengan tahun lalu.

“Keuchik dapat terus bekerja merancang penganggaran dengan pedoman PMK tahun lalu. Kita yakin, angka DD tidak jauh beda dengan tahun lalu. Jika nantinya ada perbedaan sedikit dapat dilakukan perbaikan sebelum dokumen APBG diajukan,” ujar Amar.

Tahun 2023, Kabupaten Pidie mendapatkan pagu DD Rp525,2 miliar lebih, yang diperuntukkan untuk 730 gampong. Angka tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa.[](Zamahsari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya