Selasa, Juli 23, 2024

Dinkes Gayo Lues Keluhkan...

BLANGKEJEREN - Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues mengeluhkan proses pencairan keuangan tahun 2024...

H. Jata Ungkap Jadi...

BLANGKEJEREN – H. Jata mengaku dirinya ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjadi Pj....

Bandar Publishing Luncurkan Buku...

BANDA ACEH - Penerbit Bandar Publishing Banda Aceh meluncurkan sekaligus dua karya Dr....

Rombongan Thailand Selatan Kunjungi...

BANDA ACEH – Delegasi dari berbagai lembaga di Thailand Selatan mengunjungi Kantor Partai...
BerandaBerita LhokseumawePanwaslih Lhokseumawe Ajak...

Panwaslih Lhokseumawe Ajak Masyarakat Partisipatif Awasi Pemilu

LHOKSEUMAWE – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Lhokseumawe menggelar diskusi media/working grup terkait pengawasan Pemilu 2024, di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Kamis, 1 September 2022.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah jurnalis di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Tampil sebagai pemateri, Dosen Fisipol Universitas Malikussaleh, Dr. M. Rizwan H. Ali, M.A., dengan topik “Peran dan Partisipasi Media dalam Pemilu Tahun 2024”.

Ketua Panwaslih Lhokseumawe, Teuku Zulkarnaen, mengatakan dalam diskusi tersebut pihaknya menyampaikan berbagai informasi terkait regulasi dan tahapan pemilu, termasuk kegiatan apa saja yang telah dikerjakan Panwaslih.

“Karena saat ini sudah masuk tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi parpol. Yang kita lakukan adalah pengawasan secara melekat di kantor KIP, atau melakukan pencermatan melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang diberikan akun kepada kita, walaupun akun viewer untuk melakukan pencermatan terhadap keanggotaan partai politik yang sudah didaftar kepada KPU RI,” kata Zulkarnaen.

Oleh karena itu, kata Zulkarnaen, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tidak berkenan namanya dicatut atau dimasukkan ke dalam partai politik untuk segera menyampaikan pengaduan ke Panwaslih. “Karena sejauh ini ada beberapa orang yang mengalami kejadian seperti itu, mereka meminta untuk dikeluarkan namanya sebagai anggota parpol yang memang dicatutkan dari Sipol. Kita sudah melaporkan kepada KPU RI melalui Sipol,” ujarnya.

“Harapan kita supaya masyarakat semua paham tentang aturan kepemiluan, dan bisa mengawasi secara partisipatif apapun yang menjadi tugas masyarakat,” ucap Zulkarnaen didampingi Anggota Panwaslih Lhokseumawe, Dedy Syahputra, dan Koordinator Sekretariat Panwaslih, Santi Setiawati.[]

Baca juga: