Selasa, Juli 23, 2024

Dinkes Gayo Lues Keluhkan...

BLANGKEJEREN - Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues mengeluhkan proses pencairan keuangan tahun 2024...

H. Jata Ungkap Jadi...

BLANGKEJEREN – H. Jata mengaku dirinya ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjadi Pj....

Bandar Publishing Luncurkan Buku...

BANDA ACEH - Penerbit Bandar Publishing Banda Aceh meluncurkan sekaligus dua karya Dr....

Rombongan Thailand Selatan Kunjungi...

BANDA ACEH – Delegasi dari berbagai lembaga di Thailand Selatan mengunjungi Kantor Partai...
BerandaBerita Aceh UtaraPeduli Pendidikan, Relawan...

Peduli Pendidikan, Relawan HMI Mengajar di SMA Pedalaman Aceh Utara

LHOKSUKON – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe-Aceh Utara telah melaksanakan kegiatan pengabdian “HMI Mengajar” pada tiga Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di pedalaman Aceh Utara, 19-25 September 2022. Yakni, SMAN 2 Langkahan, Desa Luboek Pusaka, SMAN 1 Geureudong Pase, Desa Dayah Seupeng, dan SMAN 2 Kuta Makmur, Desa Sidomulyo.

Ketua Umum HMI Cabang Lhokseumawe-Aceh Utara, Muhammad Fadli, dalam siaran persnya, Ahad (25/9), mengatakan kegiatan pengabdian tersebut bentuk pengejawantahan HMI selaku kader bangsa. Dia menyebut HMI harus hadir dalam setiap permasalahan bangsa dan mampu memberikan solusi konkret.

Menurut Fadli, fokus pihaknya dalam program pengabdian di tiga SMAN pedalaman Aceh Utara itu adalah mengajarkan kepada siswa tata cara pendaftaran kuliah dan mengakses beasiswa. Sebab, kata dia, hampir semua dari mereka tidak paham tentang hal tersebut.

“Selama ini siswa SMA di pedalaman sangat minim informasi tentang cara pendaftaran kuliah. Bahkan ada yang tidak tahu ada beasiswa yang akan menanggung semua kebutuhan mahasiswa selama kuliah nanti. Makanya setelah tamat SMA, hampir semuanya lebih memilih mencari kerja menjadi buruh perusahaan kelapa sawit, menikah, dan lain sebagainya. Jika digabungkan dari tiga SMA itu, hanya 5-10 siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi setiap tahunnya,” ujar Fadli.

Fadli berharap dengan adanya program HMI Mengajar ke depan jumlah siswa di tiga SMA pedalaman itu yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi bisa bertambah.

Sebagai data pembanding, kata Fadli,
hasil diskusi HMI dengan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Lhokseumawe bahwa di Lhokseumawe dan Aceh Utara setiap tahunnya siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sekitar 25-27%. Jika ke depan 50% siswa di Aceh Utara dan Lhokseumawe melanjutkan ke perguruan tinggi tentunya semakin bagus.

“Oleh karena itu, kita menginisiasi program HMI Mengajar. Nantinya para relawan HMI juga harus menjadi mentor untuk para siswa di tiga SMAN pedalaman Aceh Utara yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, apalagi sekarang era digital,” ucap Fadli.

Kabid Pendidikan dan Iptek HMI Cabang Lhokseumawe-Aceh Utara, Ari Maulana, menambahkan selama kegiatan itu para relawan HMI Mengajar tinggal bersama masyarakat yang difasilitasi kepala desa setempat. Sehingga HMI juga dapat melaksanakan kegiatan lainnya bersama masyarakat, seperti mengajarkan anak-anak di desa tentang baca tulis Alquran dan les bahasa. Selain itu, pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan pengabdian ini sudah kita laksanakan. Terima kasih kepada pihak sekolah, masyarakat, dan seluruh pihak yang telah berkontribusi. Kami sangat bangga semua kalangan menerima dengan baik kegiatan pengabdian ini. Semoga ikhtiar HMI untuk terus mengabdi kepada umat dan bangsa terus berjalan dengan baik (di masa akan datang),” ujar Ari Maulana.[](ril/*)

 

Baca juga: