Selasa, Juli 23, 2024

Dinkes Gayo Lues Keluhkan...

BLANGKEJEREN - Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues mengeluhkan proses pencairan keuangan tahun 2024...

H. Jata Ungkap Jadi...

BLANGKEJEREN – H. Jata mengaku dirinya ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjadi Pj....

Bandar Publishing Luncurkan Buku...

BANDA ACEH - Penerbit Bandar Publishing Banda Aceh meluncurkan sekaligus dua karya Dr....

Rombongan Thailand Selatan Kunjungi...

BANDA ACEH – Delegasi dari berbagai lembaga di Thailand Selatan mengunjungi Kantor Partai...
BerandaBerita PidiePelamar PPS Sesaki...

Pelamar PPS Sesaki Kantor KIP Pidie

SIGLI – Pelamar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Pidie hingga Selasa, 27 Desember 2022, mencapai 10 ribu. Sementara Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie hanya butuh 2.190 PPS untuk 730 gampong di Kabupaten Pidie.

Membludaknya peminat terlihat pada tahapan pendaftaran fisik di Sekretariat KIP Kabupaten Pidie, sejak Senin, 26 Desember 2022. Bahkan pelamar sempat mendorong gerbang pagar meski petugas sudah mengatur agar mereka antre.

KIP terpaksa menempatkan sejumlah petugas keamanan baik internal maupun dari Polres Pidie.

Tingginya pelamar yang mengantar berkas menurut Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KIP Pidie, Sry Wahyuza, disebabkan ketidaktahuan pelamar tentang adanya dibuka pada Sabtu-Ahad, 24-25 Desember, sehingga Senin membludak.

“Memang ramai yang mendaftar bahkan angkanya pada pendaftaran online mencapai sepuluh ribu lebih, ” kata Wahyu kepada portalsatu.com.

[Foto: Zamahsari]

Adapun jadwal pendaftaran baik pendaftaran online maupun fisik, lanjut Wahyu, berlangsung dari 18 hingga 30 Desember 2022. Sedangkan untuk tahapan penelitian administrasi dari 19 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Setelah itu tahapan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 3-5 Januari 2023.

“Ujian tulis dilaksanakan secara manual pada 6 sampai 11 Januari yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil tes pada 12 sampai 14 Januari,” ujar Wahyuza.

Setelah diumumkan calon lulus, lanjut Wahyu, pihaknya membuka ruang tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap calon yang kemungkinan ada masalah dan terbentur dengan aturan.

“Jika ada masukan dan dapat dibuktikan oleh masyarakat yang memberi tanggapan terhadap calon diluluskan bermasalah, kita akan ambil tindakan sesuai aturan,” tegasnya.

Tahapan selanjutnya, dilaksanakan tes wawancara bagi peserta yang lulus ujian tulis. Wawancara digelar pada 15 sampai 17 Januari. Pengumuman kelulusan dijadwalkan 18 hingga 20 Januari dan langsung ditetapkan. Pelantikan PPS digelar 24 Januari 2023.[](Zamahsari)

Baca juga: