Jumat, Juli 19, 2024

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...
BerandaBerita Banda AcehPendapatan Pedagang Menurun...

Pendapatan Pedagang Menurun Akibat Pandemi

BANDA ACEH – Pendapatan pedagang selama pandemi Covid-19 melanda menurun drastis. Seperti dirasakan Maimunah, pedagang pop ice di pantai Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh. Bila sebelumnya omsetnya perhari bisa mencapai Rp 500 ribu, kini anjlok hingga Rp 100 ribu.

“Dulu bisa Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta per hari, bahkan lebih, tapi kini hanya Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu saja,” ungkap perempuan berusia 50 tahun tersebut, Minggu, 5 September 2021.

Dengan pendapatan yang menurun itu, Maimunah harus bisa mensiasati belanja setiap hari, selain sebagai modal untuk berdagang esok harinya, juga harus disisihkan untuk memenuhi kebutuhan harian rumah tangga. “Pokoknya keadaan sekarang sudah serba terjepit,” keluhnya.

Hal yang sama juga disampaikan pedagang lainnya, Juardi. Pria berusia 32 tahun itu juga mengaku kewalahan karena somai dagangannya di pantai Gampong Jawa itu juga mulai sepi pembeli. “Selama pandemi pengunjung pantai juga menurun, jadi pendapatan kami pedagang di sini juga menurun,” ungkapnya. [Mag/Fazliana]

Baca juga: