BerandaNewsPertamina EP Rantau Field Sosialisasikan Aspek HSSE kepada Masyarakat, Ini Kata Camat...

Pertamina EP Rantau Field Sosialisasikan Aspek HSSE kepada Masyarakat, Ini Kata Camat dan Kades

Populer

ACEH TAMIANG – Pertamina EP (PEP) Rantau Field menggelar sosialisasi aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja, Keamanan dan Lingkungan (Health, Safety, Security, & Environment/HSSE) terkait proses operasi dan produksi kepada masyarakat di Desa Kampung Dalam, Kecamatan Karang Tengah, Aceh Tamiang, Aceh, Jumat, 2 September 2022.

Salah satu kegiatan operasi dan produksi PEP Rantau Field adalah pengeboran sumur pengembangan Kuala Simpang Barat (KSB) Prop-7 yang merupakan pengeboran sumur ke-7 dari target 13 sumur baru pada 2022.

Sosialisasi disampaikan tim PEP Rantau Field, dihadiri Kepala Dusun dan Kepala Desa Kampung Dalam, Camat beserta perangkat pemerintahan Kecamatan Karang Baru, dan SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Perwakilan SKK Migas Sumbagut, M. Rochaddy, mengatakan kegiatan pengeboran yang dilakukan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) seperti PEP Rantau Field wajib mematuhi ketentuan dan standar telah ditetapkan. Sehingga operasi perusahaan dapat berjalan aman, tidak hanya bagi para pekerja namun juga masyarakat sekitar.

“Kegiatan KKKS PEP Rantau Field wajib memenuhi setiap ketentuan dan standar yang berlaku, seperti kegiatan pengeboran akan mengikuti ketentuan dan SNI yang telah ditetapkan. Sebelum memulai operasi pengeboran, PEP Rantau Field juga telah mengadakan sosialisasi seperti sosialisasi dalam proses pengadaan tanah, dan sebelum pelaksanaan tajak, biasanya dalam bentuk syukuran dan doa bersama,” ujar Rochaddy.

PEP Rantau Field melalui Nurseno Dwi Putranto selaku Jr. Officer Comrel & CID Zona 1 memaparkan aspek HSSE dalam operasional PEP Rantau Field, seperti dalam kegiatan pengeboran. “Operasional PEP Rantau Field selalu mengedepankan aspek HSSE serta mematuhi ketentuan dan standar yang berlaku,” ucap Seno.

“Pada saat akan melakukan pengeboran hingga selesai, kami akan menerima dan menyelesaikan setiap laporan dan keluhan dari masyarakat melalui pemerintah setempat. Sebelumnya, PEP Rantau Field telah menerima masukan dari masyarakat melalui Kepala Desa terkait pembuatan parit di Kampung Dalam dan sudah kami selesaikan,” tambah Seno.

Camat Karang Baru, Fakhrurozi, menyatakan selama ini proses pengeboran sumur yang dilaksanakan di wilayahnya berlangsung aman dan kehadiran PEP Rantau Field memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Operasi PEP Rantau Field telah berlangsung lama di wilayah kami dan selama ini berlangsung dengan aman dan lancar. Hingga saat ini, kami secara resmi belum pernah menerima laporan atau keluhan dari masyarakat terkait operasi pengeboran,” tutur Fachrurozi.

Hal senada disampaikan Kepala Desa (Kades) Kampung Dalam, T. Fachroem Syam, yang wilayahnya menjadi lokasi pengeboran. “Kami juga mengapresiasi respons positif PEP Rantau Field dalam menerima tenaga kerja lokal, menanggapi masukan kami untuk membangun parit di Kampung Dalam, serta melaksanakan syukuran dan memberikan bantuan sembako sebelum dilaksanakan pengeboran KSB Prop-7. Sampai saat ini tidak ada laporan maupun keluhan atas operasional PEP Rantau Field,” pungkas Fachroem.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya