BerandaBerita AcehPidie Mulai Panen Raya Padi, Ini Kata Kadis Pertanian

Pidie Mulai Panen Raya Padi, Ini Kata Kadis Pertanian

Populer

SIGLI – Petani Pidie mulai panen padi pada musim rendengan tahun 2024 ini. Seluas 24.784 hektare sawah yang tersebar di 22 dari 23 kecamatan di Kabupaten Pidie.

Panen kali ini diprediksi memperoleh hasil yang memuaskan bagi petani. Hal ini disebabkan dukungan cuaca yang normal dan tidak ada bencana banjir yang sempat merendam tanaman padi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Pidie, Hasballah, kepada portalsatu.com, Selasa, 20 Februari 2024, mengatakan hasil produksi padi pada panen kali ini yang sudah dimulai awal Februari di sejumlah kecamatan memperoleh hasil memuaskan. Bahkan, menurut laporan ia terima, perhektare produksinya mencapai 6,5 hingga 7 ton.

“Alhamdulillah, semua lokasi tanaman padi bagus dan hasil produksi pada rendengan tahun ini juga mencapai 6,5 hingga 7 ton perhektare lahan,” kata Hasballah.

Dia menambahkan petani mulai memanen sejak awal Februari lalu dan diperkirakan puncak panen akhir Maret 2024 mendatang. Jika memang rata- rata perhektare dapat memproduksi 7 ton, maka menurut Hasballah dari 24.784 hektare akan menghasilkan 173.488 ton gabah.

“Jika ini tercapai, kita yakin stok pangan di Pidie akan aman serta petani makmur dengan harga jual saat ini masih Rp6 ribu lebih/kilogramnya. Bahkan beberapa hari lalu harga gabah kering sempat mencapai Rp7 ribu lebih/kilogram,” ujar Kadis Tanpan Pidie.[](Zamahsari)

Mesin pemotong padi sedang bekerja di persawahan Teupin Raya, Pidie. Foto: Istimewa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya