Selasa, Juni 25, 2024

Yayasan HAkA Minta APH...

BANDA ACEH - Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh...

HUT Ke-50, Pemkab Agara-Bulog...

KUTACANE - Momentum HUT Ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bekerja sama dengan...

Pemilik Gading Gajah Super...

BLANGKEJEREN - Satreskrim Polres Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap kasus kepemilikan dua gading...

YARA Minta Polisi Transparan...

ACEH UTARA - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendesak kepolisian serius menangani kasus...
BerandaBerita Aceh UtaraPj Bupati Aceh...

Pj Bupati Aceh Utara Salurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

ACEH UTARA – Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi, AP., M.Si., bersama pejabat terkait mulai menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP). Penyaluran secara simbolis dilakukan di halaman Kantor Pos Geudong Kecamatan Samudera, Kamis, 13 April 2023.

Selain Pj. Bupati Azwardi, kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara Erwandi, S.P., M.Si., Kepala Dinas Sosial dan PPPA Fuad Mukhtar, S.Sos., Kepala Kantor Pos Lhokseumawe Asmin Daeli, Kepala Perum Bulog Subdivre Lhokseumawe Mufti Yanuar, Camat Samudera Ilyas, S.E., serta para pejabat Muspika setempat.

Pj. Bupati Azwardi mengatakan bantuan beras ini merupakan bantuan dari Pemerintah pusat melalui program bantuan cadangan pangan yang dibagikan kepada masyarakat yang berhak sesuai data yang ada di kementerian.

“Bantuan ini tidak untuk semua, tetapi hanya untuk masyarakat yang sudah terdata oleh pemerintah, khususnya yang terdata dari Pemerintah pusat. Besarannya, perbulan sepuluh kilogram beras per-KK diberikan selama tiga bulan,’’ ujar Azwardi.

Menurut Azwardi, di tengah kesulitan yang dihadapi masyarakat saat ini, pemerintah tidak pernah tutup mata. Apalagi saat ini dalam suasana bulan Ramadan, dan beberapa hari ke depan akan menyambut hari raya Idulfitri. Pemerintah juga berharap, meskipun bantuan tidak cukup untuk satu bulan, tetapi setidaknya bisa menutupi pengeluaran masyarakat.

Ketua Satgas Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) Kantor Pos Lhokseumawe, Syahrul Raziqin, mengatakan untuk wilayah Aceh Utara yang tersebar di 27 kecamatan mendapat alokasi bantuan BP-CBP tahun 2023 sebanyak 73,5 ton beras, yang disalurkan melalui Kantor Pos terdekat sejak 9 April hingga 15 April 2023 mendatang.

Dia menjelaskan bantuan pangan CBP itu merupakan program nasional yang diamanatkan Presiden kepada Badan Pangan Nasional. Terkait hal ini, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menindaklanjuti dengan menyurati Perum Bulog dalam hal penugasan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dalam rangka Bantuan Pangan Beras.

Bantuan beras ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kilogram setiap keluarga untuk jangka waktu tiga bulan, terhitung Maret hingga Mei 2023. Secara nasional jumlah penerima bantuan beras ini 21.353.000 KPM yang terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH)/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Sumber data penerima bantuan pangan ini berasal dari kementerian yang mengkoordinasikan urusan pemerintah di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, kementerian yang menangani urusan bidang sosial, kementerian yang menangani bidang pertanian, lembaga yang menangani urusan kependudukan dan keluarga berencana.

Penyelenggaraan cadangan pangan dilakukan untuk mengantisipasi adanya kekurangan pangan, kelebihan pangan, gejolak harga pangan, serta keadaan darurat. Sementara tujuan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan beras, yakni untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga-keluarga penerima bantuan, sebagai upaya menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi.

Camat Samudera, Ilyas, mengatakan untuk wilayah Kecamatan Samudera yang penyalurannya dilakukan pada hari ini mendapat alokasi bantuan beras sebanyak 3.959 kilogram. Penyalurannya dilakukan langsung di halaman Kantor Pos Geudong.

“Alhamdulillah, tadi sudah diserahkan secara simbolis oleh Bapak Pj. Bupati Aceh Utara Azwardi, didampingi Kepala Bulog Lhokseumawe, dan Kepala Kantor Pos Lhokseumawe,” kata Ilyas.[](rilis)

Baca juga: