BerandaBerita LhokseumaweProdi Migas dan TRKI Politeknik Negeri Lhokseumawe Raih Akreditasi Unggul

Prodi Migas dan TRKI Politeknik Negeri Lhokseumawe Raih Akreditasi Unggul

Populer

LHOKSEUMAWE – Dua program studi (Prodi) di lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) meraih akreditasi unggul. Ini merupakan akreditasi dengan peringkat tertinggi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan Badan Tetap Akreditasi Program Keteknikan Persatuan Insinyur Indonesia.

Direktur PNL, Ir. Rizal Syahyadi, S.T., M.Eng.Sc., IPM., ASEAN.Eng., Senin, 21 Agustus 2023, mengatakan dua Prodi meraih akreditasi unggul ialah Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) pada Program Sarjana Terapan berdasarkan LAM Teknik No. 0221/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2023, yang ditetapkan di Jakarta mulai berlaku 21 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2028.

Satu lagi, Program Studi Teknologi Pengolahan Minyak dan Gas (Prodi TPMG) pada Program Diploma Tiga. Hal ini berdasarkan LAM Teknik No. 0220/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2023, yang ditetapkan di Jakarta mulai berlaku 21 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2028.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses kepada kedua Prodi di Jurusan Teknik Kimia yang telah meraih prestasi akreditasi unggul. Ini luar biasa dan menjadi harapan kita semua sivitas akademika PNL,” kata Rizal Syahyadi.

Rizal juga menyampaikan ada dua Prodi lagi yang SK akreditasinya sudah terbit, dan meraih peringkat akreditasi baik sekali, yakni Prodi Teknologi Industri pada Diploma Tiga Jurusan Teknik Mesin, berdasarkan LAM Teknik No. 0219/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2023, ditetapkan di Jakarta mulai berlaku 21 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2028.

Satu lagi Prodi di PNL yang memperoleh peringkat akreditasi baik sekali adalah Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) pada Program Sarjana Terapan Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Ini berdasarkan keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (Lam Infokom) dengan No. 079/SK/LAM-INFOKOM/Ak/STr/VIII/2022, ditandatangani di Jakarta, 17 Agustus 2023, dan berlaku sejak 17 Agustus 2023 sampai 17 Agustus 2028.

“Saya ucapkan selamat kepada dua Prodi yang yang meraih peringkat akreditasi baik sekali,” kata Direktur PNL.

“Khususnya kepada semua Tim Akreditasi Prodi, juga ketua jurusan, dan semua pihak yang terlibat dalam proses akreditasi, saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya dan kerja samanya, sehingga kita bisa memperoleh peringkat akreditasi unggul dan peringkat akreditasi baik sekali,” kata pria yang biasa disapa Didi ini.

Akreditasi merupakan salah satu bentu penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi. Dikutip dari Peraturan BAN-PT No. 1 Tahun 2022, akreditasi kampus menggunakan nilai A, B, dan C sebelum 1 Oktober 2018 untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), dan sebelum 1 April 2019 untuk Akreditasi Program Studi (APS), dengan menggunakan penilaian tujuh standar.

Setelah instrumen akreditasi berubah menjadi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (IAPT 3.0), nilai akreditasi pun berganti menjadi unggul, baik sekali dan baik.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya