Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaBerita LhokseumaweResmikan Gedung Kuliah...

Resmikan Gedung Kuliah Terpadu Jurusan TIK, Dirjen Diksi Apresiasi Sivitas Akademika PNL

LHOKSEUMAWE – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc., meresmikan Gedung Kuliah Terpadu Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Selasa, 11 Juli 2023.

Gedung Kuliah Terpadu Jurusan TIK yang merupakan proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2022 itu menjadi bangunan termegah di lingkungan PNL.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada institusi PNL, para dosen dan mahasiswa yang terus berusaha menghadirkan inovasi serta terobosan dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi yang sejalan dengan kebijakan besar Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Kiki Yuliati.

Kiki Yuliati menyebut sumber dana pembangunan Gedung Kuliah Terpadu Jurusan TIK PNL itu dari SBSN atau Sukuk Negara, menjadi inovasi pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur. “Jadi, ini bebas riba,” ucapnya.

“Kemampuan pendanaan pemerintah melalui APBN sangat terbatas untuk membiayai infrastruktur, termasuk sektor pendidikan. Hadirnya SBSN sebagai inovasi pembiayaan harus kita manfaatkan secara optimal,” ujar Kiki.

Di hadapan para wartawan, Kiki berharap awak media bisa memberi informasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pendidikan vokasi. “Tolong rekan-rekan media, berikan pemahaman tentang pendidikan vokasi pada masyarakat. Vokasi betul-betul menjadi fokus pemerintah saat ini,” tuturnya.

“Dirjen Diksi Kemdikbudristek terus mendorong inovasi, kolaborasi, serta terobosan-teroboson dalam memberikan layanan terbaik pendidikan vokasi sebagaimana yang telah dicontohkan PNL,” pungkas Kiki.

Direktur PNL, Ir. Rizal Syahyadi, S.T., M.Eng.Sc. IPM. Asean.Eng., dalam sambutannya mengatakan bangunan yang diresmikan ini selesai tepat waktu pada Desember 2022, dan telah difungsikan sejak Januari 2023.

“Alhamdulilah, terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung,” kata pria yang biasa disapa Didi ini.

“Besar harapan kami, PNL hadir di ujung barat Pulau Sumatera, kita berkomitmen untuk mendidik generasi bangsa untuk kuat di bidang vokasi. Ada 28 prodi saat ini di PNL,” ujarnya.

Didi berharap supaya perhatian pemerintah khususnya kementerian terkait terhadap PNL akan terus meningkat. “Kami berharap, perhatian yang sudah diberikan ini mohon ditingkatkan. Kita berharap kehadiran dan keberadaan vokasi ini terus berada dan mewarnai dunia pendidikan terutama pendidikan dunia vokasi,” pungkas Didi.

Sesuai agenda, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Expo 2023 di Lobi Gedung Utama PNL dan Dialog Interaktif di Aula Lantai III Gedung Utama PNL.

Hadir dalam kegiatan tersebut rombongan dari Kemdikbudristek, Direktur SMK dan Direktur Kelembagaan Sumber Daya Pendidikan Vokasi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Plh. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota di Aceh, Manajemen PT Pupuk Iskandar Muda, PT Perta Arun Gas, PT Pertamina Hulu Energi, PT Pema Global Energi, Bank BI Perwakilan Lhokseumawe, PLN UP3 Lhokseumawe, Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe, BSI Area Lhokseumawe, KPKNL Lhokseumawe, KPPN Lhokseumawe, Ketua AKLI Aceh, Kepala SMK Negeri dan Swasta Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen dan Aceh Tamiang serta tamu undangan lainnya.[](rilis)

Baca juga: