Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaSejumlah Kabupaten di...

Sejumlah Kabupaten di Aceh Dikepung Banjir, Ini Kata BPBA

BANDA ACEH – Setidaknya empat kabupaten dikepung banjir akibat cuaca buruk melanda wilayah Aceh, Rabu, 23 Oktober 2019, malam. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) telah menurunkan tim untuk mendata dampak di lokasi banjir itu.

Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si., Kamis, 24 Oktober 2019, mengatakan banjir terjadi di Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Pidie Jaya.

Sunawardi menjelaskan, di Aceh Barat banjir mengepung Kecamatan Woyla Timur, mengakibatkan delapan gampong terendam. Yakni, Gampong Blang Dalam, Bukit Meugajah, Blang Makmu, Baro, Tuwie Umpeuk, Alue Meuganda, Rambong Pinto, dan Blang Luah. Di Kecamataan Woyla Barat, banjir merendam tiga gampong: Blang Luah, Alue Leuhob, dan Napai.

“Banjir itu terjadi akibat angin kencang disertai hujan deras pada Rabu kemarin sejak pukul 18.00 WIB – 00.00 WIB yang menyebabkan Krueng Woyla meluap. BPBD Aceh Barat terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan tim dan Muspika setempat guna melakukan kaji cepat terkait jumlah korban terdampak dan dampak material yang diakibatkan dari kejadian ini,” ujar Sunawardi.

Dia menyebutkan, di Kecamatan Woyla Timur ketinggian air mencapai 20 – 50 cm, sedangkan  Kecamatan Woyla Barat 20 hingga 35 cm.

(Foto: BPBA)

Di Aceh Jaya, banjir juga mengepung dua kecamatan. Kecamatan Teunom yang terendam banjir Gampong Pasie Geulima 83 KK. Sedangkan Kecamatan Pasie Raya, banjir merendam Tuwi Priya 37 KK Pulo Tinggi 108 KK, Blang Baro 144 KK, dan Pasie Teubee 21 KK.

“Hujan terus mengguyur sebagian Kabupaten Aceh Jaya, ketinggian air 20 cm sampai 70 cm,” jelas Sunawardi.

Banjir juga mengepug Nagan Raya, Rabu, sekitar pukul 23:40 WIB, mengakibatkan dua kecamatan terendam. Kecamatan Tripa Makmur yakni di Gampong Ujong Krueng dan Nenbok Yee PP. Sedangkan di Kecamatan Darul Makmur banjir merendam rumah warga di Gampong Ujong Lamie.

Menurut Sunawardi, BPBA dan BPBD setempat terus melakukan pemantauan dan pendataan di titik lokasi yang terkena banjir, mengerahkan rubberboat untuk pengupayaan evakuasi korban banjir di pedalaman.

“Untuk mengupayakan cepat tanggap dararut dan evakuasi korban, BPBA dan BPBD turut dibantu oleh TNI, Polri, RAPI, Tagana, Satgas SAR, PMI, masyarakat dan unsur relawan lainnya, di lokasi banjir,” paparnya.

Di Kabupaten Pidie Jaya, banjir merendam Kecamatan Meureudu, tepatnya Gampong Dayah Krued, Mancang, Blang Cut, Pante Bereune, Masjid Tuha, dan Meunasah Lhok. 

“Kondisi Air sudah surut, warga sedang membersihkan lumpur imbas banjir,” ucapnya.[](rilis)

Penulis: Khairul Anwar

Baca juga: