Selasa, Juni 25, 2024

Yayasan HAkA Minta APH...

BANDA ACEH - Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh...

HUT Ke-50, Pemkab Agara-Bulog...

KUTACANE - Momentum HUT Ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bekerja sama dengan...

Pemilik Gading Gajah Super...

BLANGKEJEREN - Satreskrim Polres Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap kasus kepemilikan dua gading...

YARA Minta Polisi Transparan...

ACEH UTARA - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendesak kepolisian serius menangani kasus...
BerandaBerita Aceh BesarSenam Sehat Prolanis...

Senam Sehat Prolanis di Klinik Meurasi Lambaro, Meriahkan HUT ke-55 BPJS Kesehatan

ACEH BESAR – Puluhan peserta Klub Sehat Prima menggelar senam sehat program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Klinik Meurasi Lambaro-Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 15 Juli 2023.

“Senam sehat Prolanis ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik,” kata Dr. Ika Waraztuty, M.Biomed., Sp.KKLP., Dokter Penanggung Jawab Klinik Meurasi Lambaro.

Oleh karena itu, kata Ika Waraztuty, pihaknya berupaya menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif.

Bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit kronis seperti diabetes melitus dan hipertensi, diharapkan dapat mengelola risiko tersebut melalui Prolanis yang merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Klub Sehat Prima memberikan perhatian khusus kepada pasien Prolanis agar dapat mengelola dengan baik penyakit yang diderita sehingga bisa dilakukan pencegahan timbulnya penyakit kronis tersebut.

“Berbagai penyakit kronis bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui kegiatan senam ini, kami mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat. Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit kronis,” ujar Ika.

Pengelola Klub Sehat Prima Klinik Meurasi Lambaro, Lidyaturahmi, menuturkan pekan senam Prolanis dilakukan memeriahkan Hari Jadi ke-55 BPJS Kesehatan dengan mengadakan senam sehat dan edukasi kepada peserta klub. Selain itu, pemeriksaan darah rutin, skrining fungsi ginjal dan urinalisa, diakhiri dengan pemberian doorprize kepada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Senam Prolanis itu berhasil menghadirkan 52 orang yang menderita diabetes melitus dan hipertensi, dengan tema tahun ini tentang transformasi mutu layanan untuk memwujudkan layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara.

Klinik Meurasi Lambaro siap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pemahamaan serta meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN.[](rilis)

Baca juga: