Kamis, Juli 25, 2024

BI Lhokseumawe Gelar ToT...

LHOKSEUMAWE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota...

PPK Sawang: Uang Operasional...

ACEH UTARA - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawang di bawah Komisi Independen Pemilihan...

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...
BerandaInspirasiBudayaSeni Pertunjukan Mop...

Seni Pertunjukan Mop Mop Aceh Akan Tampil di Indonesiana TV

BANDA ACEH — Pertunjukan seni Mop Mop atau Biola Aceh akan tampil di Indosiana TV tahun ini, multichannel platform Kanal Budaya Indonesiana yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Ketua Lembaga Meurak Jeumpa Institut Nyakman Lamjame membenarkan hal tersebut. Namun ia belum bisa memberitahu kapan pastinya. “Alhamdulillah, Insyaallah Mop Mop akan tampil di Indosiana TV tahun ini secara daring. Pastinya kapan, belum bisa saya beritahukan sekarang biarlah ini menjadi kejutan untuk kita semua,” kata Nyakman, Kamis, 02 September 2021.

Nyakman meminta doa dari pelaku seni dan masyarakat Aceh saat Mop Mop tampil di Indosiana TV nantinya, hingga bisa tampil semaksimal-maksimalnya sampai batas waktu yang telah diberikan. “Kami berharap sangat kepada para sekalian seniman dan semua warga Aceh untuk mendoakan kami, marwah yang akan kita pertaruhkan di sana,”  harapnya.

Seni Mop Mop atau Biola Aceh dalam beberapa tahun terakhir semakin terlihat kiprahnya di belantara Seni Aceh.  Mop Mop bukan kesenian baru di tanah Aceh hanya saja beberapa dekade lalu seni itu bak ditelan masa. “Semoga saja seni seni yang telah lama hilang bisa dihidupkan kembali di tanah Aceh ini,” pungkasnya.[Syukri]

Baca juga: