Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaSeorang Warga Korea...

Seorang Warga Korea Selatan Memeluk Islam

BANDA ACEH – Park Kwan Kwok (34), seorang warga negera Korea Selatan malam tadi resmi memeluk agama Islam dengan mengucapkan syahadat dipimpin oleh Ustad Fakruddin Lamudin yang disaksikan puluhan orang di Masjid Abdur Rauf Gampong Blang Oi, Banda Aceh, Kamis 16 Maret 2017.

“Asyhadu an Laa Ilaaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah,” ucap Park Kwan Kwok bersyahadat dengan dialeg bagaikan sedang adzan.

Setelah pengucapan syahadat, Park Kwan Kwok mengganti namanya menjadi Abdur Rauf yang memiliki arti hamba Allah yang pengasih. Melalui DR. Husni Musanif yang saat itu berperan sebagai penerjemah dia mengatakan lebih suka dengan nama baru yang sekarang dimilikinya.

“Saya lebih suka nama baru saya daripada nama lama,” kata DR. Husni Musanif, selaku penerjemah.

Latar belakang Park memeluk Islam dikatakan oleh ayah angkatnya, Marzuki karena keinginan dirinya dan berdasarkan hati nuraninya sendiri saat melihat Marzuki sering melaksanakan ibadah shalat 5 waktu.

“Jadi keseharian, beliau sering melihat saya shalat. Lalu beliau bertanya, kenapa setiap saat di waktu tertentu sujud? Saya katakan, saya sedang menyembah Allah, menyembah Tuhan saya. Ohh begitu,” kata Marzuki menjelaskan.

Keinginan Park untuk masuk Islam dikatakannya sudah tiga minggu yang lalu dan selama itu, Marzuki kerabatnya mencoba mengajarkannya.

“Nah beberapa hari kemudian beliau bertanya kepada saya, boleh tidak saya masuk Islam ikut Pak Marzuki? Wah, Alhamdulillah, Alhamdulillah sekali,” kata Marzuki.

“Nah setelah itu, oleh tim saya diajari beliau. Diajari bagaimana bersyahadat, bagaimana mengucapkan bismillah, dan seterusnya. Tiba akhirnya beliau menyatakan diri bahwa beliau ingin disyahadatkan sebagai orang Islam,” katanya lagi.

Hal itu dibenarkan oleh Park Kwan Kwok sendiri saat ditanyakan DR. Husni Musanif.

“Saya memeluk Islam dari hati dan kepala,” kata Park mencoba menjawab dengan bahasa Indonesia meskipun terbata-bata.

Sebelumnya berdasarkan informasi yang disampaikan di Masjid Abdur Rauf, Park Kwan Kwok yang sehari-harinya bekerja sebagai volunteer di bidang promosi kesehatan di salah satu lembaga di Korea Lembaga awalnya tidak memiliki agama (Atheis).

Marzuki menceritakan bahwa dirinya mengenal Park sudah 6 bulan selama dia berada di Aceh. Park bekerja membantu usaha kesehatan sekolah baik di Banda Aceh maupun kabupaten di Aceh Besar yang kini sedang membantu 30 sekolah di Aceh Besar.

“Kenal beliau saya sudah hampir enam bulan. Ya, kadang balik ke Korea, masuk lagi. Selama 6 bulan beliau sama saya di Blang Oi,” kata Marzuki.

Setelah Park Kwan Kwok memeluk Islam, Marzuki mengatakan sekembali lagi ke Korea, nantinya Park akan mengajak istirnya untuk memeluk Islam.

“Beliau menyatakan diri inshaa Allah sepulang ini beliau akan membawa istri untuk di Islamkan juga,” kata Marzuki.[]

Baca juga: