Rabu, Juli 24, 2024

Tinjau Venue PON XII,...

SIGLI - Pemerintah Kabupaten Pidie meminta rekanan terus memacu pekerjaan tiga venue yang...

Wali Nanggroe dan Mualem...

JAKARTA – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar...

Balai Syura: Perempuan Aceh...

BANDA ACEH - Balai Syura Ureung Inong Aceh dan seluruh elemen gerakan perempuan...

Pemko Subulussalam dan Pemkab...

SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam menjalin kerja sama atau MoU dengan Pemerintah...
BerandaNewsSiapa Cagub Aceh...

Siapa Cagub Aceh Pilihan Anda?

PORTALSATU.com mengadakan polling calon Gubernur Aceh dan sosok populer di kalangan pembaca sejak dua pekan terakhir. Hasilnya sungguh mengejutkan. 

Ada beberapa nama yang sengaja diikutsertakan dalam polling ini, selain dari beberapa tokoh yang sudah menyatakan diri maju di pemilihan gubernur mendatang. Di antara nama-nama yang diikutsertakan tersebut seperti Illiza Saaduddin Djamal (politisi PPP yang juga Wali Kota Banda Aceh), Nasir Djamil (politisi PKS yang juga anggota DPR RI), Nova Iriansyah (politisi Partai Demokrat yang juga anggota DPR RI), Sulaiman Abda, dan TA Khalid (Gerindra).

Nama-nama para tokoh partai ini sengaja dicatut dalam polling guna melihat tingkat popularitas mereka bagi pembaca portalsatu.com. Selain itu, pertimbangan mengikutsertakan nama-nama ini adalah belum resminya pendaftaran bakal calon Gubernur Aceh ke Komisi Independen Pemilihan (KIP). 

Selain itu, Portalsatu.com tentu saja mengikutsertakan beberapa nama yang telah menyatakan secara terbuka untuk ikut mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Aceh di Pilkada 2017 nanti. Mereka adalah Ahmad Farhan Hamid, Irwandi Yusuf, Muzakir Manaf, Tarmizi Karim, Zaini Abdullah, Zaini Djalil dan Zakaria Saman.

Portalsatu.com juga mempertimbangkan bakal ada nama-nama lain yang diduga ikut meramaikan bursa pemilihan kepala daerah nantinya. Semisal Sofyan Dawood dan Anggota DPR Aceh dari Fraksi PAN, Al Fatah, yang juga telah memberikan sinyal bakal bersaing di bakal calon Aceh 1.

Sementara dari wilayah tengah Aceh, Nasiruddin (Bupati Aceh Tengah) juga dikabarkan telah mendapat dukungan untuk mendaftarkan diri sebagai Cagub Aceh di Pilkada 2017 mendatang. Belum lagi pertimbangan akan ada perwakilan ulama yang meramaikan kontes demokrasi seperti pengalaman pemilu tahun sebelumnya.

Hingga Kamis, 4 Februari 2016 sekitar pukul 16.00 WIB, tingkat elektabilitas mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berada di urutan pertama. Di posisi kedua diikuti oleh Tarmizi Karim dan kemudian disusul Ketua Umum Partai Aceh Muzakir Manaf.

Sementara untuk tiga nama lainnya seperti Zakaria Saman, Zaini Abdullah dan Ahmad Farhan Hamid masih menunjukkan trend pemilih di bawah angka yang diharapkan. Popularitas mereka di mata pembaca portalsatu.com masih berada di bawah angka yang diperoleh Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal.

Sebagai catatan, poling yang diadakan oleh portalsatu.com ini menggunakan mekanisme pemilihan berdasarkan satu alamat IP. Artinya jika satu orang telah mengikuti poling melalui satu PC atau Hp, maka pemilih lainnya tidak bisa lagi ikut serta memilih kandidat cagub andalannya melalui perangkat tersebut. (Klik tautan ini untuk memilih Cagub Aceh 2017 pilihan pembaca)

Pastinya, hasil polling Calon Gubernur Aceh 2017 ini masih bersifat sementara dan belum bersifat final. Polling ini akan ditutup hingga KIP Aceh membuka pendaftaran peserta Pilkada 2017 nanti.[]

Baca juga: