Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaTA. Khalid Serahkan...

TA. Khalid Serahkan Bantuan Traktor Tangan untuk Kelompok Tani di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Anggota Komisi IV DPR RI, TA. Khalid, menyerahkan secara simbolis bantuan hand tractor (traktor tangan) bersumber dari APBN tahun 2020 kepada kelompok tani (koptan) di Aceh Utara. Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra itu meminta pengurus koptan menggunakan bantuan yang telah ia perjuangkan tersebut untuk menyejahterakan para petani. 

Penyerahan secara simbolis traktor tangan itu digelar di halaman Gudang Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, di kawasan Punteuet, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Rabu, 23 Desember 2020. Turut hadir Ketua Komisi III DPRA dari Fraksi Gerindra, Khairil Syahrial, Sekretaris Komisi III DPRK Aceh Utara dari Fraksi Gerindra, Jufri Sulaiman, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Khairil, serta para pengurus koptan penerima bantuan tersebut.

Bantuan traktor tangan itu secara simbolis diserahkan kepada Koptan Usaha Maju Bersama Gampong Teupin Gajah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Koptan Dalam Damai Gampong Blang Pha, Kecamatan Seunuddon, dan Koptan Siwah Blang Gampong Kumbang, Kecamatan Kuta Makmur. 

Adapun total bantuan traktor tangan untuk Aceh Utara bersumber dari APBN 2020 di bawah Kementerian Pertanian melalui hak usul (aspirasi) TA. Khalid sebagai anggota DPR RI mencapai 29 unit disalurkan kepada 29 koptan. Selain itu, empat traktor empat roda untuk empat koptan di Aceh Utara. Sebelumnya juga sudah diserahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa combine, mesin perontok padi, hand spayer digital, dan cultivator kepada sejumlah koptan lainnya.

“Hari ini kita serahkan secara simbolis bantuan traktor tangan yang merupakan hasil advokasi kita di pusat (bersumber dari APBN 2020). Kehadiran saya hari ini ke lapangan juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa untuk tahun anggaran 2021 agar disiapkan persyaratan-persyaratan kelompok-kelompok yang legal (yang mengajukan permohonan), sehingga akan mempermudah prosesnya serta sesuai ketentuan berlaku,” ujar TA. Khalid.

TA. Khalid meminta para pengurus koptan penerima traktor tangan maupun alsintan lainnya supaya menggunakan bantuan tersebut untuk menyejahterakan masyarakat petani di Aceh Utara. “Harapan saya bantuan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan jangan dijual. Kelompok tani harus amanah. Kalau ada kelompok yang nakal, menjual bantuan yang sudah diberikan pemerintah, maka ke depan tidak akan kita perjuangkan lagi untuk kelompok tersebut. Mari kita jaga bersama bantuan ini untuk kepentingan jangka panjang,” kata TA. Khalid yang juga Ketua DPD Gerindra Aceh.

Anggota DPR RI Dapil Aceh-II itu juga berharap Pemkab Aceh Utara melalui Dinas Pertanian bekerja maksimal, termasuk menyiapkan data konkret melalui dokumen administrasi secara resmi terkait kebutuhan para petani yang perlu diperjuangkan di tingkat pusat agar dapat dibawa pulang ke daerah.

“Tanggung jawab pemerintah melalui Dinas Pertanian menyejahterakan petani, tapi tanpa alsintan tidak mungkin tujuan itu tercapai. Maka sinergitas sangat penting, Dinas Pertanian dan kelompok tani harus berkoordinasi dengan baik. Saya sebagai anggota DPR RI akan terus memperjuangkan kepada Kementerian Pertanian supaya membantu alsintan untuk kelompok tani di Aceh Utara dan kabupaten kota lainnya di Aceh,” tutur TA. Khalid.[](*)

Baca juga: