Kamis, Juli 25, 2024

Warga Lhoksukon Dihebohkan Penemuan...

LHOKSUKON - Masyarakat Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan penemuan mayat laki-laki...

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...
BerandaBerita AcehTemuan Panwaslih Aceh,...

Temuan Panwaslih Aceh, Bacalon Perseorangan Bupati Aceh Timur Catut KTP Penyelenggara Pilkada

ACEH TIMUR – Pasangan bakal calon (bacalon) perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur, Ridwan Abubakar (Nek Tu) dan Muhammad (Amat Leumbeng), diduga mencatut Kartu Tanda Penduduk (KTP) salah satu anggota PPS Dama Tutong, Kecamatan Peureulak.

Hal ini ditemukan saat Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh melakukan pengawasan verifikasi faktual syarat dukungan jalur perseorangan untuk pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Timur, di Dusun Makmur, Gampong Dama Tutong, Kecamatan Peureulak.

“Panwaslih Aceh Timur terpilih belum dilantik maka pengambilalihan tugas dan kewenangan pengawasan dilakukan oleh Panwaslih Aceh” ujar Drs. H. Muhammad AH, M.Kom.I., Koordinator Divisi Pencegahan, Pengawasan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Panwaslih Aceh, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu, 26 Juni 2024.

Muhammad AH menjelaskan Panwaslih Aceh melakukan pengawasan langsung ke Gampong Dama Tutong, Kecamatan Peureulak, untuk mengklarifikasi kepada tiga orang terkait dukungan terhadap bacalon perseorangan Bupati Aceh Timur Ridwan Abu Bakar dan Muhammad.

“Tiga orang itu adalah bapak/ayah dari (salah satu) anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) Gampong Dama Tutong, Kecamatan Peurelak, kemudian anggota PPS tersebut dan adiknya. Hasil klarifikasi, bapaknya memberikan dukungan (KTP), sedangkan anggota PPS dan adiknya tidak memberikan dukungan dan menyatakan tidak mendukung. Jadi, yang dicatut adalah KTP anggota PPS dan adiknya,” ungkap Muhammad AH saat dihubungi portalsatu.com, Rabu malam.

PPS Dama Tunong adalah panitia yang dibentuk oleh KIP Kabupaten Aceh Timur untuk menyelenggarakan Pilkada di tingkat desa itu.

Menurut Muhammad AH, khusus untuk Desa Dama Tutong, Kecamatan Peureulak, terdapat 54 dukungan terhadap bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur Ridwan Abu Bakar dan Muhammad.

Untuk diketahui, hanya Ridwan Abu Bakar (Nek Tu) dan Muhammad (Amat Leumbeng) yang mendaftar sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur dari jalur perseorangan untuk ikut Pilkada 2024. Pasangan itu mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, Ahad, 12 Mei 2024.

Sesuai ketentuan berlaku, pasangan bacalon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur dari jalur perseorangan harus memenuhi syarat dukungan 13.494 KTP yang tersebar di 12 kecamatan atau 50 persen dari total kecamatan di kabupaten tersebut.[](ril/red)

 

Baca juga: