BerandaBerita Gayo LuesTerkait Desa Terpencil di Gayo Lues, Data Pendamping Desa Berbeda dengan Dinas...

Terkait Desa Terpencil di Gayo Lues, Data Pendamping Desa Berbeda dengan Dinas Pendidikan

Populer

BLANGKEJEREN – Pendamping desa Kabupaten Gayo Lues membeberkan data desa sangat tertinggal, tertinggal hingga desa maju yang ada di sebelas kecamatan. Data tersebut berbeda dengan data pada Dinas Pendidikan setempat terkait penerima tunjangan khusus/terpencil untuk guru.

Ngadimun, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyaraat (TAPM) atau Pendamping Desa di Kabupaten Gayo Lues, Kamis, 24 Februari 2022, mengatakan berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Nomor 398.4.1 tahun 2021 tentang perubahan keempat atas keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 30 tahun 2016 tentang status kemajuan dan kemandirian desa (Indeks Desa Membangun), jumlah desa sangat tertinggal di Gayo Lues ada 4, dan desa tertinggal 52 desa.

“Berdasarkan keputusan tersebut, yang masuk desa sangat tertinggal di Gayo Lues adalah Desa Lesten Kecamatan Pining, Desa Kuning Kecamatan Rikit Gaib, Desa Lukup Baru Kecamatan Rikit Gaib, Desa Padang Pasir Kecamatan Rikit Gaib,” kata dia saat ditemui portalsatu.com di Kantor Pendamping Desa Kabupaten Gayo Lues, di Kampung Jawa, Blangkejeren.

Sedangkan untuk desa tertinggal, Ngadimun mengatakan ada 52 desa, yaitu Desa Akul, Ketukah, Tingkem, Blangtemung, Kendawi, Rerebe, Uning Gelung, Uning Sepakat, Kenyaran, Seneren, Ekan, Suri Musara, Tetinggi, Ekan, Gajah, Pasir Putih, Pepelah, Pertik, Pintu Rime, Uring, Gumpang Lempuh, Meloak Sepakat, Putri Betung, Ramung Musara, dan Uning Pune.

Berikutnya, Ampa Kolak, Cane Toa, Cane Uken, Magang, Penomon Jaya, Pinang Rugub, Rempelam, Tungel, Tungel Baru, Berhut, Blangkala, Blangkuncir, Bukut, Garut, Gawar Belangi, Jabo, Kute Reje, Kute Sange, Lestari, Padang, Rempelam Pinang, Rime Raya, Rumpi, Soyo, Telege Jernih, Terlis, Pasir, Pulo Gelime, Setul, UPT Paya Kumer, dan Desa Uyem Beriring. Sedangkan desa lainnya adalah desa berkembang, maju dan mandiri.

Sementara menurut Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Gayo Lues, Radli S.Pd., Selasa, 22 Februari 2022, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan tahun 2021, jika ada sekolah yang berada di Desa Kuning, Desa Lukup Baru, Desa Magang, Desa Padang Pasir Kecamatan Rikit Gaib, Desa Meloak Sepakat Kecamatan Putri Betung, dan Desa Uning Sepakat Kecamatan Dabun Gelang diberikan tunjangan khusus atau tunjangan terpencil.

“Keputusan Kemendikbud untuk tahun 2022 ini belum keluar, biasanya bulan Juni baru keluar SK-nya. Kalau untuk tahun 2021, ya, desa di atas tadi yang masuk kategori sangat terpencil, dan guru yang mengajar di sana diberikan tunjangan khusus sebesar gaji pokok untuk guru PNS, dan Rp1.500.000 untuk guru honorer per bulan,” katanya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya