Kamis, Juli 25, 2024

Warga Lhoksukon Dihebohkan Penemuan...

LHOKSUKON - Masyarakat Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan penemuan mayat laki-laki...

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...
BerandaNewsTips Simpan Daging...

Tips Simpan Daging Kurban Tetap Segar

Muslim sedunia saling berbagi kebaikan termasuk daging kurban pada momen Hari Raya Iduladha. Kadang kala, sebagian warga menerima daging kurban lebih satu paket, sehingga harus disimpan untuk dimasak setelah perayaan Iduladha.

Peneliti Pusat Riset Peternakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Muchamad Luthfi, menyebut beberapa langkah perlu diperhatikan dalam menyimpan dan mengolah daging kurban agar tetap terjaga kualitasnya.

“Menyimpan daging kurban dengan baik sangat penting untuk menjaga kesegaran, keamanan konsumsi, dan kualitasnya,” kata Luthfi, dikutip dari akun Instagram Brin, Selasa, 18 Juni 2024.

Berikut tipsnya:

1. Jangan mencuci daging kurban

Tidak disarankan mencuci daging kurban. Air cucian daging dapat membawa mikroba patogen yang bisa mengkontaminasi sekitar. Untuk membersihkan daging, rebus dalam air mendidih bersuhu sekitar 63 derajat celsius selama lima menit.

Setelah air berubah menjadi keruh, buang air itu dan daging siap diolah.

2. Simpan daging dengan benar

Jika daging akan disimpan, bersihkan dengan tisu dapur atau lap kering yang bersih, dan simpan di wadah bersih tertutup. Sebelum disimpan di freezer, letakkan daging di bagian chiller selama dua hingga empat jam agar tidak rusak dan terjaga kesegarannya lebih lama.

Daging segar yang disimpan di freezer dapat bertahan enam hingga sembilan bulan di suhu minus 17 derajat celsius atau lebih rendah.

3. Teknik pembungkusan

Jika akan disimpan dua bulan, bungkus daging dengan kertas aluminium atau kantong plastik bening agar aman dari kerusakan.

4. Memasak daging dengan matang sempurna agar virus dan bakteri yang ada dalam daging tidak terbawa masuk ke tubuh kita.[](red)

Baca juga: