BerandaOpiniTransformasi Pembelajaran, Gunakan TIK dengan Bantuan Guru di Sekolah

Transformasi Pembelajaran, Gunakan TIK dengan Bantuan Guru di Sekolah

Populer

Transformasi Pembelajaran, Gunakan TIK dengan Bantuan Guru di Sekolah

Oleh: Muhas Baili, S.Pd
Mahasiswa S2 Penjaminan Mutu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh.
Pengawas SMP Kabupaten Aceh Selatan

Pendidikan merupakan kunci utama dalam membentuk masa depan generasi muda. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi faktor kritis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem pendidikan. Bagaimana cara memanfaatkan TIK secara optimal dalam konteks pendidikan bagi siswa di sekolah? Inilah pertanyaan yang menarik untuk dijawab, karena penerapan TIK dapat memberikan dampak yang signifikan pada pengalaman belajar siswa, yaitu:

Pertama,  Meningkatkan Akses Pendidikan

Pertama-tama, pemanfaatan TIK dapat berperan dalam meningkatkan akses pendidikan bagi siswa. Terlepas dari lokasi geografis, siswa dapat mengakses sumber daya pembelajaran melalui internet. Dengan adanya platform pembelajaran online seperti saat ini Kemendikbudristek RI sudah menyiapkan SIBI (Sistim Informasi Perbukuan Indonesia) untuk semua jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK atau yang setara, disana tersedia buku digital kurikulum 2013, kurikulum merdeka dan juga buku non teks lainnya.

Kemudian ada lagi Platform Merdeka Mengajar(PMM) bagi siswa, seperti asesmen murid, video Pembelajaran, LMS, dan lain lain. Jadi, pembatasan ruang dan waktu tidak lagi menjadi hambatan.

Siswa di daerah terpencil atau dengan keterbatasan akses dapat memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan siswa di pusat perkotaan dengan mengunakan Router, Aplikasi Awan Penggerak, Kemendikbudristek RI. Aplikasi Awan Penggerak ini hampir sama fitur-fiturnya dengan Platform Merdeka Mengajar, bisa dimanfaatkan siswa dan guru, kapan dan di mana saja di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan).

Kedua, Pembelajaran Interaktif dan Menarik

TIK membawa pembelajaran ke tingkat berikutnya dengan menyajikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Materi pembelajaran dapat dihadirkan dalam bentuk multimedia, seperti video, animasi, dan simulasi. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih dinamis, memicu minat siswa, dan membantu mereka memahami konsep-konsep yang sulit dengan cara yang lebih mudah.

Ketiga,  Pengembangan Keterampilan Digital

Penggunaan TIK dalam pendidikan juga merupakan jalan menuju pengembangan keterampilan digital yang sangat penting di era modern. Siswa tidak hanya belajar tentang subjek pelajaran, tetapi juga belajar menggunakan perangkat lunak, aplikasi, dan alat digital lainnya. Hal ini mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin tergantung pada teknologi.

Keempat, Personalisasi Pembelajaran

Salah satu keunggulan pemanfaatan TIK dalam pendidikan adalah kemampuan untuk memberikan pembelajaran yang lebih personal. Guru dapat menggunakan teknologi untuk memantau kemajuan individu siswa, mengidentifikasi kebutuhan mereka, dan menyajikan materi yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman masing-masing siswa. Pendekatan ini tidak hanya efektif tetapi juga memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan.

Kelima, Kolaborasi dan Komunikasi yang Efektif

Pemanfaatan TIK memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antara siswa, guru, dan bahkan antar-siswa. Melalui platform pembelajaran online, siswa dapat berpartisipasi dalam proyek bersama, berbagi ide, dan memberikan umpan balik satu sama lain. Ini membantu mengembangkan keterampilan sosial siswa dan membawa dimensi kolaboratif ke dalam pembelajaran.

Keenam, Mempermudah Proses Penilaian

Penggunaan teknologi dalam proses penilaian juga dapat memberikan keuntungan signifikan. Dengan menggunakan alat penilaian online seperti LMS (Learning Management System), Google Classroom, guru dapat memberikan ujian dan tugas secara efisien, menganalisis hasil dengan cepat, dan memberikan umpan balik secara langsung kepada siswa. Hal ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memungkinkan guru untuk fokus pada mendukung perkembangan siswa.

Ketujuh,  Persiapan untuk Dunia Kerja

Pendidikan harus mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Penggunaan TIK dalam pembelajaran menciptakan lingkungan di mana siswa tidak hanya memahami konsep akademis tetapi juga mampu menerapkannya dalam situasi dunia nyata. Siswa yang terbiasa dengan teknologi akan lebih siap menghadapi persaingan di pasar kerja yang semakin berubah.

Kedelapan, Tantangan Keamanan dan Etika

Meskipun pemanfaatan TIK membawa banyak manfaat, perlu diperhatikan juga tantangan terkait keamanan dan etika. Perlindungan data pribadi siswa, keamanan jaringan, dan pengelolaan informasi menjadi aspek penting yang perlu mendapat perhatian. Siswa perlu diberikan pemahaman tentang etika digital dan tanggung jawab penggunaan teknologi.

Jadi, pemanfaatan TIK dalam pendidikan memberikan potensi besar untuk mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi pengalaman yang lebih dinamis, inklusif, dan relevan dengan tuntutan zaman.

Namun, implementasi yang sukses memerlukan upaya bersama dari semua pihak, termasuk guru, siswa, orang tua, dan pihak berkepentingan lainnya. Diperlukan investasi dalam pelatihan guru, pengembangan infrastruktur teknologi, dan perumusan kebijakan yang mendukung. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan akses ke pendidikan berkualitas yang mempersiapkan mereka untuk masa depan yang penuh tantangan ini.

Meskipun Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran, terdapat juga beberapa dampak negatif yang perlu diperhatikan:

Pertama, Ketidaksetaraan Akses:

Tidak semua siswa memiliki akses yang setara terhadap teknologi. Siswa di daerah terpencil atau dari latar belakang ekonomi rendah mungkin menghadapi kesulitan dalam mengakses perangkat keras atau koneksi internet yang stabil.

Kedua, Gangguan Teknis:

Teknologi tidak selalu dapat diandalkan, dan seringkali dapat terjadi gangguan teknis seperti masalah koneksi internet, kegagalan perangkat keras, atau pembaruan sistem. Hal ini dapat mengganggu alur pembelajaran dan menyulitkan siswa dan guru.

Ketiga, Ketergantungan yang Berlebihan:

Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi dapat membuat siswa kurang terampil dalam keterampilan sosial, seperti komunikasi langsung, berkolaborasi, dan berinteraksi tatap muka.

Keempat, Gaya Belajar yang Beragam:

Meskipun TIK dapat menyediakan berbagai cara untuk menyajikan informasi, tidak semua siswa memiliki gaya belajar yang sesuai dengan metode tersebut. Beberapa siswa mungkin lebih efektif belajar melalui pengalaman langsung atau metode tradisional.

Kelima, Isolasi Sosial:

Pembelajaran online dapat menyebabkan isolasi sosial, di mana siswa kurang berinteraksi dengan teman sekelas dan guru. Ini dapat mempengaruhi aspek sosial dan emosional dari pengalaman belajar.

Keenam, Keamanan dan Privasi:

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menimbulkan risiko terkait dengan keamanan dan privasi data. Penyalahgunaan data pribadi atau risiko serangan siber dapat menimbulkan kekhawatiran dan keraguan terhadap keamanan informasi.

Ketujuh, Kurangnya Pengawasan Orang Tua:

Dalam pembelajaran daring, orang tua mungkin tidak selalu dapat memantau atau memberikan pengawasan langsung terhadap aktivitas belajar anak mereka. Ini dapat memunculkan kekhawatiran terkait dengan waktu layar dan penggunaan teknologi yang tidak terkontrol.

Kedelapan, Kurangnya Keterampilan Teknologi Guru:

Tidak semua guru memiliki keterampilan teknologi yang cukup untuk mengintegrasikan TIK dengan efektif dalam pembelajaran. Kurangnya pelatihan dan dukungan dapat menghambat penerapan teknologi dalam pendidikan.

Penting untuk diingat bahwa sementara TIK menawarkan banyak potensi positif, perlu ada kesadaran terhadap dampak negatifnya dan upaya untuk mengatasi tantangan tersebut agar penggunaan TIK dapat memberikan manfaat maksimal dalam pembelajaran.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya