Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
Beranda Perjalanan dari...

[Video] Perjalanan dari Belanda ke Sabang 1931

Kawasan Sabang atau Pulau Weh yang berada di jalur pelayaran internasional berdenyut kencang pada masa perang Belanda hingga Jepang di Aceh, bahkan jauh sebelumnya.

Sebuah video pribadi hasil rekaman saat pelayaran dari Belanda ke Sabang tahun 1931, memperkuat bukti bahwa Pelabuhan Sabang telah mendunia sejak masa silam. Dalam video berjudul “Sebuah Perjalanan ke Hindia Belanda” itu tampak kondisi berbagai pelabuhan lintas negara.

Sebagaimana diketahui, sebelum Indonesia merdeka dari penjajahan, negeri ini dikenal sebagai Hindia Belanda.

Video dengan judul asli “Een Reis Naar Indie, November 1931” berdurasi 13.20 menit itu turut diunggah di indonesianfilmcenter.com pada 20 November 2012, yang kemudian juga muncul di youtube.com sejak 17 Agustus 2016, diunggah oleh akun Request News.

Dikutip dari indonesianfilmcenter.com, video yang menampilkan seorang wanita cantik dalam pelayaran itu, lokasi produksinya adalah Belanda, Utara-Holland, Amsterdam, IJmuiden, besar-Brittain, Southampton, Aljazair, Algiers, Italia, Genoa, Egypte, Terusan Suez, Sri Lanka, Kolombo, Indonesia, Sulawesi, dan Sabang.

“Tidak ada suara. Rekaman pribadi tentang pelabuhan yang dikunjungi selama perjalanan ke Hindia Belanda pada tahun 1931. Reportase dari sebuah perjalanan ke Hindia Belanda di mana sebagian besar rekaman dibuat di pelabuhan yang dikunjungi dalam perjalanan,” demikian ringkasan tentang video itu.

Dijelaskan pula, pelabuhan dari IJmuiden, Southampton (dengan tebing kapur), Algiers, Genoa (dengan gambar kota), Terusan Suez, Colombo (dan gambar kota) dan tiba di Sabang.[](*/idg)

Baca juga: