Sabtu, Juli 13, 2024

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...

Panwaslih Aceh Instruksikan Buka...

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menginstruksikan Panwaslih Kabupaten/Kota segera membuka...

KAMMI Sebut Perlu Forum...

BANDA ACEH - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh...
BerandaBerita Banda AcehWali Kota Subulussalam...

Wali Kota Subulussalam Buka Festival Kota Santri dan Tabliq Akbar

SUBULUSSALAM – Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E membuka pelaksanaan Festival Kota Santri dan Tabliq Akbar di Lapangan Sada Kata, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Subulussalam, Minggu, 18 Desember 2022.

Pembukaan even keagamaan ini juga mendatangkan Ustaz Hanan Attaki, Lc yang sangat digandrungi anak-anak muda karena berpenampilan gaul dan menggunakan sosial media untuk media dakwah.

Affan Alfian mengatakan sejak awal di masa pemerintahannya, ia bersama wakil wali kota bertekad untuk mewujudkan Subulussalam sebagai “kota santri”. Hal ini sebagai wujud kecintaan terhadap ulama, para guru, ustaz dan ustazah serta para santri dan santriwati. Ia berharap kebersamaan ini akan terus terjalin dengan baik dari waktu ke waktu.

Wali Kota Affan Alfian bersama Ustaz Hanan Attaki dan Ketua DPRK Ade Fadly meninjau standa pesantren dalam kegiatan Festival Kota Santri di Lapangan Sada Kata, Minggu, 18 Desember 2022

Wali Kota menyebutkan pesantren/dayah di Bumi Syekh Hamzah Fansuri ini terus menunjukan perkembangan dan kemajuan, tidak hanya dari segi kuantitas tapi juga kualitas. Saat ini jumlah pesantren tercatat 31 dari sebelumnya pada tahun 2018 hanya 19 pesantren.

Para santri juga menunjukan prestasi yang gemilang di tingkat provinsi Aceh, seperti FASI, MTQ dan Musabaqah Kira’atil Kutub (MKQ) atau lomba baca kitab kucing sebagai juara umum tingkat provinsi. Di mana pada pergelaran berikutnya, Kota Subulussalam akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MKQ.

Karena itu, kata Affan Alfian kegiatan Festival Kota Santri ini sebagai salah satu persiapan dalam menghadapi MKQ tingkat Provinsi Aceh nantinya. Affan Alfian berharap santri dari Kota Subulussalam nantinya bisa mempertahankan prestasi status juara umum tersebut.

“Dukungan pemerintah kepada pesantren terus berjalan tidak akan pernah putus. Mulai dari pengadaan mobil bus operasional pesantren, pengadaan kitab kucing Rp500 juta, pengembangan literasi pesantren maupun dukungan lainnya,” kata Affan Alfian.

Ustaz Hanan Attaki, Lc saat menyampaikan ceramah agama di Lapangan Sada Kata dalam rangka Festival Kota Santri dan Tabliq Akbar

Pembukaan Festival Kota Santri dan Tabliq Akbar ini diisi dengan ceramah agama dari dai nasional Ustaz Hanan Attaki. Dalam kesempatan itu, penceramah yang memiliki suara lembut dan merdu ini, berpesan agar kolaborasi Pemerintah Kota Subulussalam dan pesantren lebih intensif lagi, mengingat 31 pesantren yang ada di kota ini akan menjadi ekosistem baru untuk kebangkitan umat.[]

Baca juga: