Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaBerita Lhokseumawe39 Warga Lhokseumawe...

39 Warga Lhokseumawe Terjangkit DBD, Begini Antisipasinya

LHOKSEUMAWE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe mencatat sebanyak 39 warga di daerah ini terjangkit demam berdarah dengue (DBD) sejak Januari hingga Agustus 2022. Namun, tidak ada yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Safwaliza, S.Kep., M.K.M., Kamis, 22 September 2022, mengatakan upaya yang dilakukan salah satunya adalah penyemprotan atau fogging untuk membasmi jentik nyamuk yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Selain itu, perlu peran serta masyarakat untuk bergotong royong membersihkan parit-parit di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Ini memang program pemerintah dalam pencegahan atau pengendalian demam berdarah. Peran dari masyarakat untuk gotong royong paling dibutuhkan terkait pemberantasan sarang nyamuk agar terhindar dari penyakit DBD,” kata Safwaliza.

Safwaliza menambahkan, kegiatan fogging pun tidak akan berjalan maksimal jika tanpa kerja sama masyarakat secara rutin membersihkan lingkungan masing-masing. Artinya, perlu dibersihkan sampah-sampah dan genangan air yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

“Upaya ini sebagai antisipasi penularan demam berdarah. Juga perlu adanya gerakan 3M, yaitu menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat pengembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Karena jenis nyamuk itu dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah,” ujar Safwaliza.[]

Baca juga: