BerandaBerita Aceh5 Tahun Banjir Tak Teratasi, Warga Simeulue Mohon Solusi

5 Tahun Banjir Tak Teratasi, Warga Simeulue Mohon Solusi

Populer

SIMEULUE – Cuaca musim hujan sejak Januari tahun 2024 di Kabupaten Simeulue mengakibatkan enam rumah warga di Dusun Surya Pagi, Desa Suak Manang tergenang air. Genangan air di akibatkan curah hujan yang tergenang di sejumlah titik selokan yang baru diperbaiki oleh DDS Suak Manang Tahun Anggaran 2023.

Pada saat ke lokasi Kepala Desa Suak Manang dan Kasie Pelayanan Hamzah Al-Amin kaget melihat kondisi luapan air yang tergenang di sejumlah rumah warga, kepala desa Suak manang langsung turun ke selokan guna untuk memperbaiki selokan yang tertimbun pasir akibat longsor.

Dikatakan selokan tersebut sebenarnya masih dapat diperbaiki oleh warga sekitar. Padahal sudah tahu debet air yang meluap ke rumah-rumah warga tertahan pada selokan yang longsor. Hanya perlu membuang tanah sepanjang tiga meter.

“Sudah kita upayakan dari desa untuk atasi banjir dari DDS tahun anggaran 2023. Tapi kita mintak ke depan kesadaran warga terhadap lingkungan agar dijaga. Sampah plastik dan pelepah sawit dan jenis kayu lainnya agar tidak dibuang ke selokan yang sudah diperbaiki,” kata Kades Suak manang, Hasan Sahadat dalam rilisnya diterima portalsatu.com, Selasa, 9 Januari 2024.

Tidak hanya itu kades Suak Manang, akan terus berupaya atasi banjir pada dua titik lagi Desa Suak manang, mengingat selokan tersebut dapat mengakibatkan penyakit dan berdampak terhadap warga sekitar.

Untuk diketahui upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Desa Suak manang atasi banjir telah di bantu oleh Pihak Kominfo sepanjang 50 meter untuk selokan buangan air menuju lokasi rendah yang terletak di belakang permukiman warga.

“Atas usulan warga kita upayakan atasi banjir tahun 2023 dengan DDS. Alhamdulillah turut di bantu lanjutannya oleh pihak Kominfo sepanjang 50 meter lagi, sejauh ini telah dapat mengurangi,” sebut Kades Suak Manang.

Selain itu kemampuan DDS Suak manang sangat terbatas untuk menyelesaikan Permasalahan Rawan Banjir di beberapa Titik Di Desa Suak Manang, untuk itu masyarakat berharap penyelesaiannya melalui dana APBK Kabupaten Simeulue agar segera dapat teratasi hal ini disampaikan salah satu Warga Suak Manang Rahmat.

“Kepada Dinas PUPR Simeulue kami mohon untuk tahun ini agar dapat di bantu atasi banjir di Suak manang yang terjadi setiap musim hujan selama lima tahun ini,” ujar Rahmat Salah satu warga Suak Manang.

Atas permasalahan banjir di Desa Suak Manang kades membenarkan sudah terjadi selama lima tahun. Untuk itu, keluhannya akan ditindaklanjuti dan sampaikan kepada Dinas PUPR dan BPBD Kab. Simeukue.

“InsyaAllah kami upayakan, dan kami sampaikan kepada Dinas PUPR dan BPBD Kab. Simeulue,” ujar Hasan.[] (ril)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya