Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaNewsAbi Daud Hasbi...

Abi Daud Hasbi akan Isi Ceramah Peringatan Israk Mikraj di Lhokseumawe, Ini Kata Kadis Syariat Islam

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota Lhokseumawe akan menggelar kegiatan memperingati Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW, di Masjid Babul Huda, Desa Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Rabu, 10 Maret 2021, malam ini.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe, Ustaz H. Misran Fuadi, S.Ag., M.A.P., Rabu siang, mengatakan kegiatan tersebut akan diisi dengan ceramah oleh Drs. Tgk. H. M. Daud Hasbi, M.Ag. “Ceramah akan diisi oleh guru kita, Tgk. H. M. Daud Hasbi atau Abi Daud Hasbi, pengurus Dayah Inshafuddin Banda Aceh,” ujar Ustaz Misran Fuadi.

Abi Daud Hasbi juga merupakan mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara, dan pernah menjadi Pimpinan Dayah Jeumala Amal, Lueng Putu, Pidie Jaya.

Menurut Ustaz Misran, peringatan Israk Mikraj 1442 H bertujuan supaya umat Islam tidak melupakan sejarah yang sangat sakral ini. Sebab, inti dari Israk Mikraj adalah ibadah shalat, dan sumber segala ibadah dari shalat. Oleh karena itu, shalat harus diimplementasikan dalam segala hal, bukan hanya mencontoh sisi fiqhiyah atau prakteknya, tetapi juga filosofi dari nilai-nilai shalat.

“Di sana ada kebersihan, karena shalat ada wudhu’. Jadi, implementasi kebersihan dan kesucian. Selain itu, ada kedisiplinan, implementasi menajemen waktu. Banyak sekali dan kompleks yang diambil filosofi di dalam nilai shalat,” tutur Ustaz Misran yang juga dai ternama di Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Kadis Syariat Islam ini mengimbau masyarakat Lhokseumawe yang menghadiri kegiatan memperingati Israk Mikraj di Masjid Babul Huda, Panggoi, tetap mengikuti protokol kesehatan, termasuk memakai masker.

“Kita harapkan Covid-19 bisa cepat berlalu dengan kita mengadakan kegiatan-kegiatan spritual keagamaan, karena ini (wabah virus corona) bagian dari musibah,” ujar Ustaz Misran.

Ustaz Misran menambahkan, Pemko Lhokseumawe mengadakan kegiatan memperingati Isra Mikraj 1442 H di Masjid Babul Huda Panggoi, Kecamatan Muara Dua, karena peringatan Hari-Hari Besar Islam lainnya sudah digelar di kecamatan lainnya.

“Beberapa kali peringatan Hari Besar Islam kita buat secara bergiliran. Dulunya di Muara Satu, kemudian Blang Mangat, sekarang giliran Muara Dua,” ucap Ustaz Misran. [] (*)

 

Baca juga: