Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaAceh Barat Daya...

Aceh Barat Daya Dilanda Banjir

BLANGPIDIE – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis, 4 Oktober 2018, menyebabkan sejumlah kawasan permukiman penduduk terendam banjir setinggi 70 centimer.

Kapolsek Kecamatan Kuala Bate, Abdya, Ipda Irfan Ismail, mengatakan, selain rumah penduduk, banjir juga menggenangi badan jalan nasional lintasan Meulaboh-Tapaktuan, tepatnya Dusun Alu Diwi, Kecamatan Kuala Batee.

“Kendaraan roda empat masih bisa lewat jalan nasional itu, terkecuali sepeda motor. Roda dua harus matikan mesin dulu kemudian didorong jika mau melewati jalan itu. Sebab ketingian banjir di kawasan ini sudah mencapai paha orang dewasa,” ungkapnya.

Irfan mengatakan, jalan nasional lintasan Meulaboh-Tapaktuan yang digenangi banjir dengan ketingian 70 centimeter tersebut panjangnya sekitar 300 meter. Bila hujan terus mengguyur dipastikan ketinggian air meningkat.

“Saat ini banjir sedang berlangsung. Saya bersama anggota polisi kini berada di lapangan memantau jalan nasional yang digenangi banjir, termasuk kawasan pemukiman penduduk,” katanya.

Sebab, kata dia, selain badan jalan nasional, banjir juga merendam rumah masyarakat. Sedikitnya 22 rumah warga Desa Blangmakmur, Kecamatan Kuala Batee, saat ini digenangi banjir.

“Hampir rata-rata desa di Kecamatan Kuala Batee dilanda banjir. Jadi, belum bisa kita katakan di kawasan mana yang terparah, sebab banjir sedang berlangsung,” ungkapnya.

Banjir turut merendam tanaman padi di sawah. Belum bisa diprediksi luas sawah yang digenangi banjir karena hujan deras masih mengguyur Abdya.

“Tim Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Tagana bersama aparat kepolisian sekarang berada di lapangan untuk memantau kondisi banjir ini,” kata Irfan.[] (Suprian)
 

Baca juga: