BerandaBerita AcehAceh Sampaikan Progres Persiapan PON, Ini Respons Kemenpora

Aceh Sampaikan Progres Persiapan PON, Ini Respons Kemenpora

Populer

JAKARTA – Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah Aceh menyampaikan progres persiapan pelaksanaan event olahraga yang akan diikuti 38 provinsi se-Indonesia pada September 2024.

Penyampaian itu sebagaimana dilaporkan Sekum PB PON Wilayah Aceh M. Nasir Syamaun, yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh, pada rapat koordinasi dengan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, Senin 19 Februari 2024, di Jakarta.

“Berkat kerja sama semua pihak di Aceh, hingga hari ini progres persiapan terus menunjukkan perkembangan yang positif,” kata M. Nasir kepada Sorono, Deputi IV Kemenpora RI.

PON XXI akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8 hingga 20 September 2024.

Si wilayah Aceh, PON akan mempertandingkan 33 cabang olahraga, tersebar di 10 kabupaten/kota. Keseluruhan akan melibatkan 7134 atlet, 3575 ofisial,dan 4.459 orang perangkat dan pendukung pertandingan.

Untuk kelancaran pelaksanaan, PB PON Wilayah Aceh telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari koordinasi renovasi venue yang pengerjaaannya dilaksanaan oleh beberapa kementerian, pembentukan kepantiaan dan berbagai aspek-aspek terkait lainnya.

“Kita juga telah menyiapkan berbagai perangkat, baik untuk promosi jelang dan saat pelaksanaan PON, kemudian bidang pertandingan, medis, transportasi, konsumsi hingga akomodasi,” kata M. Nasir.

Selain itu, sesuai arahan Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki, PB PON Wilayah Aceh juga menyusun skema pemanfaatan venue pasca-PON. “Jadi tidak hanya berstandar, tapi juga berkelanjutan, artinya akan terus dapat dimanfaakan pasca-pelaksanaan PON,” tambah M. Nasir.

Sebagai ajang negara yang pelaksanaannya di Aceh dan Sumut, M. Nasir menyatakan pihaknya akan terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak, baik di Aceh dan di pusat agar PON XXI Tahun 2024 berjalan sukses.

“Oleh karena itu kita akan terus membangun sinergitas, khususnya dengan pemerintah pusat melalui berbagai kemeterian, agar seluruh proses persiapan berjalan lancar, baik dari sisi kebutuhan peralatan, penyelenggaraan pertandingan, akomodasi, perangkat pertandingan dan wasit juri, serta bidang-bidang lainnya,” sebut M. Nasir.

Menanggapi laporan disampaikan PB PON Wilayah Aceh, Surono mengatakan Kemenpora akan melakukan langkah-langkah koordinasi dengan berbagai kementerian terkait.

“Kita akan melakukan koordinasi kembali dengan Kementerian Keuangan terkait rencana alokasi anggaran untuk penyelenggaraan PON XXI 2024 Aceh Sumut, setelah penyempurnaan rencana induk dan proposal, yang disertai data pendukung yang disampaikan oleh PB PON XXI wilayah Aceh,” kata Sorono.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya