Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaNewsAmalkan Zikir Ini...

Amalkan Zikir Ini jika Ingin Kaya dan Berkah

Pembahasan kali ini kita akan membahas zikir Asmaul Husna kedelapan belas yakni Ar-Razzaq. Dalam tata bahasanya kata Ar-Razzaq terambil dari kata “Razaqa” atau “Rizq” yakni rezeki. Yang pada mulanya ditulis oleh pakar bahasa Arab Ibnu Faris berarti “Pemberian untuk waktu tertentu”.

Kata Ar Razzaq ialah dzat yang menciptakan rezeki dan sebab-sebabnya. Dikatakan bahwa ia adalah yang memberikan kepada segala yang ada, dengan karunia-Nya, segala yang dapat memelihara materi dan bentuknya.

Dia memberikan ilmu kepada akal, memberikan pemahaman kepada hati,memberikan tajalli dan musyahadah kepada jiwa, memberikan makanan yang cocok untuk tubuh sesuai dengan keinginan, ada yang dilapangkan-Nya dan ada pula yang disempitkan-Nya tanpa ada yang menghalangi-Nya.

Dengan kata lain Ar-Razzaq adalah Dzat yang menciptakan rezeki dan orang yang minta rezeki, kemudian menghubungkan antara keduanya, dan juga menciptakan sebab-sebab untuk mendapatkan kesenangan dengan rezeki itu bagi mereka. Sifat Ar-Razzaq ini bagi seorang yang beriman ialah dengan mengakui dan meyakini bahwa hanya Allah Swt bersifat Maha Pemberi. Hal ini disebutkan dalam Alquran berbunyi:

”Dialah yang memperhatikan kepada kamu ayat – ayatnya dan menurunkan untuk kamu dari langit rizki. Dan tidak mendapat pelajaran kecuali orang – orang yang kembali. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan padanya, meskipun orang – orang kafir tidak menyukai”. (QS.Ghafir:13-14).

Dalam kitab Shahih Al Jami’ disebutkan sebuah hadits dari Rasulullah saw yang berbunyi, “Sesungguhnya malaikat Jibril mengembuskan ke dalam hatiku bahwasanya jiwa hanya akan mati sampai tiba masanya dan memperoleh rezekinya, maka bertakwalah kepada Allah, carilah nafkah yang baik, jangan bermalas-malasan dalam mencari rezeki, terlebih mencarinya dengan bermaksiat kepada Allah karena sesungguhnya Allah tidak akan memberikan apa yang dicarinya kecuali dengan taat kepadaNya.”

Ar-Razzaq merupakan Allah yang berulang-ulang dan banyak sekali memberi rezeki kepada mahluk-mahluknya. Imam Ghazali ketika menjelaskan arti Ar-Razzaq menulis bahwa, “Dia yang menciptakan rezeki dan menciptakan yang mencari rezeki, serta dia yang mengantarnya kepada menreka dan menciptakan sebab – sebab sehingga mereka dapat menikmatinya”.

Banyak manusia merasa khawatir dalam mencari rezeki karunia Allah Swt. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menggadai diri dan menghinakan martabat. Padahal tertulis jelas di dalam Qs. Hud ayat 6 berbunyi: ”Dan tidak ada sesuatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)’’. (QS. Hud ayat 6).

Ar-Razzaq merupakan Dzat yang Maha Pemberi Rezeki, yaitu memberikan rezeki kepada semua makhluk-Nya untuk kebutuhan hidupnya. Dan Dia pula yang menentukan banyak dan sedikitnya rejeki yang akan diberikan kepada hamba-hamba-Nya.

Kelebihan Zikir Yaa Razzaq 

Zikir ini sangat banyak kelebihan dan keutamaan di antaranya:
Pertama, barang siapa membaca “Yaa Razzaaq” sebanyak-banyaknya setiap hari setelah salat wajib, maka ia akan dijauhkan dari kesempitan rejeki dan usahanya selalu mendapat keuntungan yang berlimpah-limpah.

Kedua, dibaca ‘Ya Razzaq’ 10 kali dan ditiup pada empat penjuru rumah bermula sudut kanan meghadap kiblat sebelum mendirikan salat Subuh, Insya Allah akan dibukakan pintu rezeki untuknya, dan keluarganya terselamat daripada kepapaan dan peyakit.

Ketiga, siapa yang mengekalkan membaca‘Ya Razzaq’  setiap hari 308 kali, Insya Allah ditunaikan hajatnya baik penguasa atau pemerintah dan jika kebetulan orang itu hendak memarahinya, maka terhentilah niat tersebut.

Keempat, siapa yang membacakan wirid ‘Ya Razzaq’ di zikir mengikut kemampuan sesudah salat wajib khususnya salat Subuh, Insya Allah akan dipermudahkan rezeki yang halal dan membawa berkat. Rezeki akan datang tanpa diduga namun  juga jangan dilupakan dilakukan ikhtiar dan usaha.

Kelima, apabila seseorang membaca secara istikamah ‘Ya Razzaq’ 17 kali, Insya Allah ditunaikan hajatnya.

Keenam, siapa yang berzikir ‘Ya Razzaq’ sebanyak 20 kali setiap pagi sebelum makan dan minum, 20 hari berturut-turut, Insya Allah akan diberikan padanya kefahaman yang mendalam dan sempurna.[]

Baca juga: