Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaBerita SubulussalamBanyak Potensi Wisata,...

Banyak Potensi Wisata, Subulussalam Menuju Kota 1001 Air Terjun

SUBULUSSALAM – Kota Subulussalam yang terletak di wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) tepatnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara memiliki banyak keindahan alam. Kota yang mekar dari Kabupaten Aceh Singkil 2007 lalu ini juga dikenal memiliki banyak wisata air terjun.

Berdasarkan data dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Subulussalam ada sekitar 46 lokasi wisata dapat dikunjungi di Bumi Sada Kata. Sekitar 80 persen di antaranya wisata beruapa air terjun baik yang sudah familiar maupun yang belum banyak diketahui publik. Umumnya wisata air terjun tersebut berada di Kecamatan Sultan Daulat dan Penanggalan.

Penampakan Air Terjun Penuban, Kampong Pasir Belo, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam. Foto. Dok. WKS

Kabid Pariwisata Zulkarnain, Minggu, 2 Juli 2023 menyebutkan masih banyak wisata air terjun yang belum diketahui masyarakat umum karena belum adanya akses menuju lokasi. Jika ditelusuri jumlah objek wisata bisa mencapai seratusan karena didukung faktor wilayah yang bergunung dan berbukit serta banyak aliran sungai.

Beberapa air terjun dan lokasi wisata yang telah dirangkum Disporapar yakni Air Terjun Kedabuhan, Air Terjun Kedahabuhan 2, Air Terjun Bidadari, Arung Jeram Lae Kombih, Kayu Kapor (Dryobalanops Aromatica), Bunga Bangkai, Air Terjun Lae Impal, Mata Air Sarindan.

Air Terjun Grand Canyon, Kampong Penuntungan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Foto. Dok. WKS

Berikutnya, Air Terjun Sikelang, Air Terjun Lae Sipayung, Air Terjun Lae Arkis, Wisata Pemandian Sikelang, wisata SKPC (Sada Kata punya cerita), SKPC Waterfall, Air Terjun Rajawali Tapa dan pemandian Namo Sampuren.

Selanjutnya, Grand Canyon Penuntungan, pemandian Nantampukmas, Air Terjun Penuntungan, Jembatan Rundeng, Situs Wisata Religi Makam Syekh Hamzah Fansuri, Makam Syekh Hamzah Fansuri, Masjid Agung, Lapangan Sada Kata, Lapangan Beringin.

Wisata Simanuk-manuk Waterfall kawasan Bengkung, Kampong Pasir, Sultan Daulat. Foto. Dok. WKS

Air Terjun Bawan, Air Terjun Keterahan, Puncak Jongkong, Air Terjun Silelangit (Silangit-langit), Air Terjun Souraya, Ekowisata Souraya, Air Terjun Souraya 2, Air Tejun Ruam, Air Terjun Ranto Panjang, Orang Utan kawasan Pasir Belo dan Air Terjun Ranto Panjang 2.

Selanjutnya, Air Terjun Panuban, Air Terjun, Air Tejun Simanuk-manuk Betina, Air Terjun Simanuk-manuk Jantan, Irigasi Namo Buaya, Batu Gajah Namo Buaya, pedestrian sada kata dan Taman KEHATI.

Menurut Zulkarnain banyaknya potensi wisata air terjun di Bumi Syekh Hamzah Fansuri ini menjadinya kota ini memiliki banyak pilihan bagi pengunjung baik dalam maupun luar daerah untuk memilik lokasi liburan akhir pekan bersama keluarga ataupun teman.

Selain itu, dengan banyaknya tujuan destinasi wisata air terjun menjadi ikon bagi Kota Subulussalam dijuluki kota 1001 air terjun. Potensi wisata ini tentunya menjadi perhatian serius pemerintah daerah melalui Disporapar dalam pengelolaan sektor wisata.

Selain itu, masih banyak lagi potensi wisata yang ada di Bumi Sada Kata ini bisa dilihat dari IG @wisata.kotasubulussalam. (Disporapar)

 

 

 

 

Baca juga: