Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaBerita Aceh UtaraBKAG Kecamatan Samudera...

BKAG Kecamatan Samudera Gelar Pelatihan Pemantapan Fungsi dan Kewenangan Tuha Peut Gampong

ACEH UTARA – Badan Kerja Sama Antar-Gampong (BKAG) Kecamatan Samudera menggelar Pelatihan Pemantapan Fungsi dan Kewenangan Tuha Peut Gampong, di Gedung SMA Negeri 1 Samudera, Rabu, 21 Juni 2023.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat peran dan kapasitas Tuha Peut dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai lembaga perwakilan masyarakat di tingkat gampong.

Dalam pelatihan tersebut, para anggota Tuha Peut dari 28 gampong yang tergabung dalam BKAG di Kecamatan Samudera mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fungsi dan kewenangan Tuha Peut sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku.

Para peserta pelatihan diberikan materi mengenai fungsi, peran, dan kewenangan Tuha Peut. Para Tuha Peut diharapkan dapat memahami peran dan tanggung jawabnya dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pembangunan gampong. Selain itu diharapkan dapat memahami batasan dan wewenang Tuha Peut dalam menjalankan tugas.

Kegiatan ini bagian dari upaya kerja sama antargampong di Kecamatan Samudera dalam mendukung pembangunan dan penguatan tata kelola pemerintahan di tingkat gampong. Dengan memperkuat fungsi dan kewenangan Tuha Peut, diharapkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan pengambilan keputusan di gampong semakin meningkat.

Saifullah Yunus, Ketua BKAG Kecamatan Samudera, mengatakan pelatihan ini wujud komitmen pihaknya untuk meningkatkan kapasitas Tuha Peut sebagai perwakilan masyarakat di tingkat gampong. “Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai tugas dan kewenangannya, Tuha Peut dapat menjadi mitra yang lebih efektif dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat gampong,” kata Saifullah didampingi Afifuddin, Sekretaris BKAG Samudera.

Para peserta pelatihan menyambut baik inisiatif BKAG Samudera mengadakan pelatihan ini. Mereka berharap pelatihan semacam ini dapat diadakan secara berkala untuk terus memperkuat peran Tuha Peut dalam mendorong pembangunan di tingkat gampong.

Pelaksanaan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara. Beberapa nasumber ahli di bidangnya juga terlibat, antara lain Mansur, S.H., Kepala Bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong Setda Aceh Utara dan Sayed M. Hasanuddin, S.E., dari DPMPPKB Aceh Utara. Narasumber tersebut memberikan konstribusi yang berharga dalam penyampaian materi kepada peserta pelatihan.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, Tuha Peut di Kecamatan Samudera dapat lebih siap dan mampu menjalankan fungsi dan kewenangannya secara optimal, sehingga pembangunan di gampong-gampong dapat berjalan lebih baik dan partisipatif.

Sehari sebelumnya, BKAG juga melakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba bagi generasi muda di gampong dan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan bagi pemuda gampong dalam Kecamatan Samudera. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bahaya narkoba serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya wawasan kebangsaan di kalangan pemuda.

Narasumber memberikan pemahaman kepada peserta tentang dampak negatif penggunaan narkoba. Melalui penyampaian informasi yang komprehensif dan interaktif, diharapkan para peserta dapat memahami risiko yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba serta mampu membuat pilihan yang sehat dan bijaksana dalam kehidupan mereka.

BKAG Samudera juga mengadakan penyuluhan wawasan kebangsaan bagi pemuda gampong. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan semangat berbhineka tunggal ika di kalangan pemuda. Melalui penyuluhan wawasan kebangsaan, pemuda gampong didorong untuk menjadi generasi yang peduli terhadap keberagaman budaya, toleransi, dan persatuan dalam membangun masyarakat yang harmonis.

Dengan mengintegrasikan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dan penyuluhan wawasan kebangsaan, BKAG Samudera berkomitmen untuk menciptakan generasi muda yang berdaya dan memiliki kesadaran tinggi terhadap bahaya narkoba, serta memiliki cinta dan tanggung jawab terhadap negara dan masyarakat.[](ril)

Baca juga: